Text
Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Arudam 99 Tour Dan Travel Pasca Pandemi Covid-19
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pelayanan, Penyelenggara Perjalanan
Ibadah Umrah (PPIU) PT. Arudam 99 Tour dan Travel, Pasca Pandemi Covid-19
Di Indonesia, peminat ibadah umrah semakin meningkat setiap tahunnya.
Oleh karena itu, biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah semakin gencar
memasarkan produk jasanya. Namun penyebaran virus Covid-19 secara mendunia
pada tahun 2021 menyebabkan seluruh pemberangkatan haji dan umrah dibatalkan.
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama mengeluarkan keputusan
Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji
pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2020 M. Adanya pembatalan
tersebut berdampak buruk terhadap PT. Arudam 99 Tour dan Travel yang bergerak
dibidang Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang berlokasi di
Madura. Setelah dua tahun berlalu pandemi mulai reda, maka dibutuhkan strategi
pemasaran dan pelayanan untuk kembali menghidupkan PT. Arudam 99 Tour dan
Travel yang sempat berhenti total sebelumnya. Dari paparan diatas, maka penelitian
ini difokuskan pada dua fokus penelitian; pertama untuk mengetahui strategi
pemasaran PT. Arudam 99 Tour dan Travel pasca pandemi covid-19. Kedua, untuk
mengetahui strategi pelayanan PT. Arudam 99 Tour dan Travel pasca pandemi
covid-19.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan jenis oenelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan berperilaku yang dapat diamati yang
diarahkan pada latar dan individu secara utuh. Peneliti menggunakan teknik
pengumpulan data jenis observasi non partisipan yaitu peneliti sebagai penyimak
atau penonton terhadap semua kegiatan atau kejadian yang terjadi di lokasi
penelitian dan akan dijadikan topik pembahasan dalam penelitian ini. Peneliti
menggunakan wawancara semi terstruktur yaitu wawancara yang lebih bebas
daripada wawancara terstruktur.
Hasil dari penelitian ini menunjuka bahwa strategi pemasaran dan pelayanan
yang diterapkan oleh PT. Arudam 99 Tour dan Travel Pamekasan pasca pandemi
Covid-19. Strategi yaitu meliputi strategi segmenting, targeting dan positioning.
Selain itu PT. Arudam 99 juga menggunakan bauran pemasaran 7P (Product, Price,
Promotion, Place, People, Physical Evidence, dan Process). Strategi pemasaran
yang paling potensial adalah tiga strategi yaitu produk, harga, dan promosi.
Sedangkan strategi pelayanan yang diterapkan oleh PT. Arudam 99 Tour dan travel
pasca pandemi meliputi strategi reliability, assurance, tangible, empathy dan
responsive. Dari kelima strategi pelayann tersebut semuanya sangat berpengaruh
untuk meningkatkan jumlah jamaah PT. Arudam 99 kedepannya
Tidak tersedia versi lain