Text
Strategi Pengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Bangunan UD. Sumber Nur Didesa Branta Tinggi Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Loyalitas Pelanggan
Strategi adalah proses penentuan rencana pimpinan puncak berfokus pada tujuan
jangka panjang organisasi, disertai penyusunan cara atau upaya bagaimana agar tujuan dapat
dicapai. Sedangkan Pengembangan usaha adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan
teknis, teoritis, konseptual, dan moral sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan latihan
dan Loyalitas merupakan komitmen para konsumen terhaadap perusahaan yang didasarkan atas
sikap positif yang tercermin dalam bentuk pembelian atau transaksi berulang secara konsisten.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan, sehingga menghasilkan
beberapa fokus permasalahan, Pertama, bagaimana strategi pengembangan usaha untuk
meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha bahan bangunan UD Sumber Nur di Desa Branta
Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan; Kedua, hambatan dan solusi yang dihadapi
ketika melaksanakan strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada
usaha Toko Bangunan UD Sumber Nur di Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di Toko
Bangunan UD Sumber Nur di Desa Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan,
untuk mengumpulkan data menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif data yang
diperoleh ialah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian ditarik
kesimpulan menggunakan metode deduktif.
Dalam penelitian ini hasil yang di dapat tentang strategi pengembangan usaha untuk
meningkatkan loyalitas pelanggan pada usaha kontruksi UD Sumber Nur adalah: Sumber Nur
dalam memberikan rasa puas terhadap para pelanggan yaitu dengan meningkatkan kualitas
produk yang akan di jual dan menyesuaikan produk jualan dengan kebutuhan pelanggan, seperti
mengutamakan kepentingan pelanggan, megupayakan menjual produk yang memang benarbenar pelanggan butuhkan, mempertahankan nilai kesopanan dalam melayani pelanggan, dan
mempererat komunikasi dengan pelanggan, selalu memberikan informasi yang baik untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan, dan selalui merendahkan diri untuk tidak sungkan meminta
komentar, saran dan kritik, untuk mengetahui pelanggan tersebut memiliki rasa puas terhadap
perusahaan
Tidak tersedia versi lain