Text
Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian produk Mixue Pada Masyarakat Di Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Marketing Mix, Keputusan Pembelian.
Saat ini bisnis makanan dan minuman terus mengalami
perkembangan yang pesat dengan peluang yang besar dalam mewujudkan
keuntungan yang maksimal. Tentunya hal tersebut menuntut perusahaan
harus bisa melakukan beberapa strategi salah satunya dengan penetapan
strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari harga, produk,
lokasi atau tempat serta promosi. Belakangan ini, Indonesia terdapat sebuah
brand Mixue Ice Cream and Tea. Mixue yakni salah satu perusahaan frachise
yang menawarkan produk es krim dengan sajian lembut serta minuman teh.
Mixue mempunyai cita rasa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia
yang menyukai makanan dan minuman yang manis,ekonomis dengan rasa
yang mempunyai kualitas tinggi,lokasi strategis dan promosi yang menarik
sehingga Mixue banyak dikunjungi oleh konsumen daripada pesaingnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya
pengaruh dari variabel Marketing Mix (Harga,produk,lokasi dan promosi)
dalam keputusan pembelian produk Mixue pada masyarakat di Kabupaten
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
hubungan kausal. Didalam penelitian ini menggunakan data primer dan data
sekunder. Dalam menentukan sampel menggunakan purposive sampling
dengan menggunakan rumus lemeshow dan diperoleh sample sebanyak 96
responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: Pertama Harga
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yang
ditunjukkan dihasilkan dari pengaruh Harga (X1) terhadap Keputusan
Pembelian (Y) sebesar 2.926 dengan nilai signifikansi sebesar 0.004. Nilai
signifikansi tersebut lebih kecil dari significant alpha 5% atau 0.05. Produk
(X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) berpengaruh sebesar 2.451 dengan
nilai signifikansi sebesar 0.016. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari
significant alpha 5% atau 0.05. dari pengaruh Lokasi (X3) terhadap
Keputusan Pembelian (Y) sebesar 1.746 dengan nilai signifikansi sebesar
0.084. Nilai signifikansi tersebut lebih besar dari significant alpha 5% atau
0.05 maka variabel lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian. dari variabel Promosi (X4) terhadap Keputusan
Pembelian (Y) sebesar 0.346 dengan nilai signifikansi sebesar 0.730. Nilai
signifikansi tersebut lebih besar dari significant alpha 5% atau 0.05 maka
promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mixue
pada Masyarakat di Kabupaten Pamekasan
Tidak tersedia versi lain