Text
Analisis Marketing Mix Pada Distributor Ms Glow Cabang Pamekasan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci : Marketing Mix, Ekonomi Islam
Marketing Mix merupakan salah satu bentuk usaha pemasaran yang sering
digunakan oleh pengusaha dalam pemasaran produknya yang terdiri dari 4P yaitu
peoduct, price, place, dan promotion yang apabila diterapkan dengan baik akan
mencapai tujuan dari perusahaan. Sebagai pegusaha Muslim haruslah menerapkan
Marketing Mix sesuai dengan ekonomi Islam karena dalam Islam sendiri dalam
menjalankan usaha tidak hanya dituntut untuk memperoleh harta sebanyakbanyaknya tetapi juga mencari keberkahan didalamnya. Hal tersebut yang
dilakukan oleh distributor Ms Glow cabang Pamekasan dalam aktivitas
penjualannya.
Dari uraian di atas maka penelitian ini difokuskan pada dua fokus
penelitian; pertama, untuk mengetahui implementasi marketing mix pada
distributor Ms Glow cabang Pamekasan. Kedua, untuk menganalisis kesesuaian
marketing mix yang diterapkan distributor Ms Glow cabang Pamekasan dengan
prinsip syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah manajer dan
karyawan distributor Ms Glow cabang Pamekasan serta beberapa konsumen.
Sedangkan analisis datanya dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan
penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data menggunakan trisngulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, bauran pemasaran yang
diterapkan distributor Ms Glow cabang Pamekasan terdiri dari 4P yaitu produk
(product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place). Kedua,
penerapan bauran pemasaran pada distributor Ms Glow cabang Pamekasan telah
sesuai dengan prinsip syariah yaitu menerapkan nilai kejujuran dan tanggung
jawab dalam pemasarannya
Tidak tersedia versi lain