Text
Strategi Pemasaran UD. Camilan Madura di Jalan Niaga Sebagai Pusat Oleh-Oleh Khas Madura Guna Meningkatkan Pendapatan UMKM
Kata kunci: Strategi pemasaran, peningkatan pendapatan
Strategi pemasaran merupakan bentuk upaya nyata untuk memasarkan suatu jasa atau
barang dengan taktik atau rencana tertentu untuk meningkatkan omset penjualan. Strategi
pemasaran juga diartikan sebagai suatu aktifitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan berupa
merencanakan konsep, harga, promosi, dan distribusi ide, menciptakan peluang yang
memuaskan konsumen. Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini yang pertama, yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran UD. Camilan
Madura sebagai pusat oleh-oleh khas Madura guna meningkatkan pendapatan UMKM. Kedua,
untuk mengetahui dampak pemasaran yang dilakukan terhadap pendapatan UMKM.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan
dokumentasi, Informannya adalah manager dan karyawan UD. Camilan Madura serta UMKM.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam strategi pemasaran yang
dilakukan oleh UD. Camilan Madura dalam strategi pemasarannya telah menerapkan strategi
marketing mix yang menggunakan variabel 4P yaitu product, price, place, promotion dan STP
(segmenting, targeting, dan postioning). Strategi marketing mix (produk, harga, promosi dan
tempat) dan STP (segmenting, targeting, postioing) yang diterapkan juga sudah dilakukan
sesuai dengan teori yang ada. Kedua, strategi pemasaran yang dilakukan berdampak positif
terhadap pendapatan UMKM yang menjadi supplier, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
tingkat pendapatan UMKM dari sebelum-sebelumnya sesuai hasil wawancara yang dilakukan
Tidak tersedia versi lain