Text
Strategi Pemasaran Pada Toko Busana Muslim DS_Store Perspektif Etika Pemasaran Syariah
Kata Kunci: Strategi Pemasaran , Etika Pemasaran Syariah
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan.
Sehubungan dengan kebutuhan primer tersebut maka bermunculan keanekaragaman model
pakaian yang mana disebut fashion. Dengan adanya fashion tersebut dapat menunjang
penampilan seseorang, sehingga fashion diperlukan oleh masyarakat yang jumlahnya semakin
meningkat. Maka muncullah para pengusaha yang tertarik pada bisnis fashion tersebut. Mulai
dari toko baju biasa, butik, dan distro yang berjualan secara offline maupun online dengan
menawarkan beberapa model fashion yang sesuai dengan kebutuhan. Banyaknya para
pengusaha ini menimbulkan suatu fenomena bisnis yaitu persaingan bisnis yang membuat para
pelaku bisnis selalu berusaha untuk mempertahankan usahanya dan bersaing untuk mencapai
tujuan yang diharapkan melalui penerapan strategi pemasaran.
Oleh karena itu, berbagai cara dan strategi serta usaha akan dilakukan demi tercapainya
target oleh para wirausaha perhotelan. Penelitian ini memfokuskan kepada dua fokus
penelitian: pertama, untuk mengetahui strategi pemasaran toko DS_Store . Kedua, untuk
mengetahui bagaimana strategi pemasaran toko DS_Store perspektif etika pemasaran syariah.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, yaitu suatu proses penelitian yang
menghasilkan data-data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau berupa kata lisan dari
orang yang diwawancarai dan perilaku yang diamati, di mana data- data deskriptif tersebut
merupakan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka.
Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif,
yaitu mengamati sistem strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Busana muslim
DS_Store kemudian dikaitkan dengan sejumlah teori.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Strategi pemasaran
Toko DS_Store menggunakan marketing mix 4p (strategi produk , strategi harga , strategi
distribusi ,dan strategi promosi) dan telah menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan sistem
etika pemasaran syariah yang baik
Tidak tersedia versi lain