Text
Analisis Konsumsi Dalam Pembelian Tanaman Hias Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Ibu-Ibu Di Desa Kolpajung Pamekasan)
Kata Kunci : Konsumsi, Pembelian Tanaman Hias, Ekonomi Islam
Konsumsi merupakan semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan
oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pola konsumsi yang bersifat
tak terbatas seperti mencari kepuasan dan memenuhi keinginan yang bersifat
sementara sehingga menjadikan tindakan konsumsi yang dilakukan menjadi
berlebihan. Ibu-ibu didesa kolpajung saat ini sangat sulit membedakan antara
keinginan dan kebutuhan. Dengan adanya keberagaman tanaman hias menjadikan
pola konsumsi Ibu-Ibu semakin meningkat.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian
adalah Pertama, Faktor apa saja yang mendorong konsumsi dalam pembelian
tanaman hias pada ibu-ibu didesa kolpajung, Kedua Bagaimana pandangan
ekonomi Islam tentang konsumsi tanaman hias yang dilakukan oleh ibu-ibu didesa
kolpajung.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu ibu-ibu didesa: Kolpajung
yang mengkonsumsi pembelian tanaman hias didesa Kolpajung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, faktor yang mendorong
konsumsi dalam pembelian tanaman hias pada ibu-ibu didesa kolpajung yaitu
karena faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Kedua, pandangan
ekonomi Islam tentang konsumsi tanaman hias yang dilakukan ibu-ibu didesa
kolpajung sudah sepenuhnya sesuai dengan prinsip konsumsi dalam Islam, yaitu
prinsip keadilan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip
moralitas
Tidak tersedia versi lain