Text
Pengaruh Social Media Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Mebel AKJ (Anang Kurniawan Jati) Desa Karduluk Sumenep
Kata Kunci: Social Media Marketing, Kualitas Produk, Minat Beli Konsumen
Penelitian ini dilatarbelakangi atas dasar kemajuan teknologi digital yang
berimbas pada pemasaran. Salah satu pemasaran digital yang trendi saat ini adalah
pemasaran melalui media sosial (social media marketing). Pemasaran ini
memudahkan calon pelanggan memperoleh berbagai informasi mengenai produk
dari akun social media yang digunakan. Semakin ketatnya persaingan, membuat
seorang pengusaha harus terus mengembangkan produknya. Menjaga kualitas
produk merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen. Dengan memanfaatkan social media marketing dan
kualitas yang baik akan menjadi daya tarik minat konsumen untuk membeli. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media
marketing dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen, baik secara parsial
maupun secara simultan atau bersama-sama dari masing-masing variabel X
(social media marketing dan kualitas produk) terhadap variabel Y minat beli
konsumen di Mebel AKJ (Anang Kurniawan Jati) Karduluk.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel
berjumlah 96 orang yang diperoleh dengan rumus Lemeshow dari populasi yang
tak terbatas dan dipilih dengan metode purposive sampling (disesuaikan dengan
kriteria tertentu yang sesuai dengan penelitian). Analisis regresi linier berganda
merupakan analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) social media marketing dan
kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
beli konsumen di Mebel AKJ dengan tingkat pengaruhnya sebesar 43% dan 57%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
(2) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
konsumen di mebel AKJ. (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli konsumen di Mebel AKJ
Tidak tersedia versi lain