Text
Strategi Pemasaran Produk Mudharabah Dalam Meningkatkan Jumlah KST Anggota (Koperasi Syariah At-thohiry) Semar Dipondok Pesantren Semar
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Mudharabah
Dalam melakukan bisnis, strategi pemasaran sangat diperlukan sebagai acuan
dalam menajalankan bisnis untuk meningkatkan anggota Koperasi. Pihak Koperasi
harus mengetahui strategi pemasaran dan kendala yang terjadi di Koperasi sehingga
memudahkan untuk penarikan minat anggota sehingga jumlah anggota meningkat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana strategi pemasaran produk
mudharabah dalam peningkatan jumlah anggota yang ada di KST (Koperaasi Syariah
At-tohiry) Semar? Temuan di lapangan diantaranya: a) Produk sesuai dengan
kebutuhan Masyarakat, b) Proses masuk menjadi anggota tanpa dipungut biaya, c)
Promosi secara langsung dan tidak langsung, dan d) Pendekatan secara emosianal
untuk menarik anggota. Kedua, Apa kendala strategi pemasaran produk mudharabah
dalam upaya meningkatkan jumlah anggota di KST Semar ?. Temuan di lapangan
diantaranya: a) Minimnya pengetahuan Masyarakat, b) Lokasi tempat kurang
strategis, c) Kurangnya sosialisasi terkait produk yang dimiliki, dan d) Masyarakat
kurang memahami terkait akad-akad syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data diperoleh melaui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan,
dan dokumentasi berupa pengelola Koperasi, serta Karyawan untuk menganalisis
data. Dengan tahapan penelitian menggunakan tahap pralapangan, tahap lapangan dan
tahap penyusunan laporan.
Dari penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan, Produk sesuai dengan
kebutuhan Masyarakat seperti tabungan Mudharabah, Tabungan Kurban, Tabungan
Pendidikan, Tabungan berjangka (istimewa) tabungan Haji dan Umroh. Strategi
pemasaran terhadap produk dalam perusahaan dimana produk sangat berperan
penting pada perusahaan seperti salah satu produk pada KST (Koperasi Syariah Attohiry) Semar. Proses masuk menjadi anggota tanpa dipungut biaya merupakan
strategi pemasaran yang sangat membantu dan menarik masyarakat untuk cepat
menjadi anngota di KST (Koperasi Syariah At-tohiry) Semar. Promosi secara
langsung dan tidak langsung merupakan strategi yang terus dikembangkan sesuai
dengan perkembangan zaman. Pendekatan secara emosianal untuk menarik anggota
sehingga pendekatan yang terjadi mengikat menjadi silaturrahim. Kendalanya
minimnya pengetahuan Masyarakat, lokasi tempat kurang strategis, kurangnya
sosialisasi terkait produk yang dimiliki , Masyarakat kurang memahami terkait akadakad syariah. Sehingga diperlukan strategi pemasaran yang sesuai dengan keadaan
Koperasi sehingga jumlah anggota semakin meningkat
Tidak tersedia versi lain