Text
Pengaruh Kualitas Layanan dan Bauran Pemasaran Produk Tabah (Tabungan Mudharabah) Terhadap Keputusan Anggota Menabung di BMT NU Pusat Gapura Sumenep
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Bauran Pemasaran, Tabungan
Mudharabah, Keputusan Anggota
Kualitas layanan dan bauran pemasaran sangat dibutuhkan di BMT NU
Pusat Gapura Sumenep, dengan adanya kualitas layanan yang baik akan
digunakan jasanya oleh masyarakat. BMT NU Pusat Gapura Sumenep memiliki
berbagai produk-produk yang diterapkan yaitu tabungan, pembiayaan dan lazisma
akan tetapi yang banyak diminati oleh masyarakat sekitar terutama masyarakat
Kecamatan Gapura yaitu produk tabungan selain uang yang disimpan di BMT
aman, nasabah juga mendapatkan bagi hasil dari simpanan maka produk tabungan
di BMT NU Pusat Gapura Sumenep tepatnya di Kecamatan Gapura termasuk
produk yang unggul,dari tahun ke tahun peningkatan jumlah nasabah yang
menggunakan produk Tabah di BMT NU Pusat Gapura Sumenep, karena produk
tabungan tabah merupakan produk tabungan yang bisa mempermudahkan untuk
memenuhi kebutuhan sehari-hari, setoran dan penarikannya dapat dilakukan
kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh
kualitas layanan dan bauran pemasaran produk tabah (tabungan mudharabah)
terhadap keputusan anggota menabung di BMT NU Pusat Gapura Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian kausal
yaitu penelitian yang melihat penyebab dari suatu variabel dan hal apa saja yang
mempengaruhi suatu variabel. Sumber data diperoleh melalui kuesioner. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh anggota produk tabah (tabungan mudharabah)
di BMT NU Pusat Gapura Sumenep dengan jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden menggunakan metode sampling incidental berdasarkan
kebetulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, hasil uji t pada variabel
kualitas layanan (X1) secara parsial berpengaruh secara signifikan dan positif
terhadap keputusan anggota (Y) menabung di BMT NU Pusat Gapura Sumenep
tingkat signifikan (0,003 < 0,05). thitung ≥ ttabel (2,799 ≥ 1,984), kedua, hasil uji t
pada variabel bauran pemasaran (X2) secara parsial berpengaruh secara signifikan
dan positif terhadap keputusan anggota (Y) menabung di BMT NU Pusat Gapura
Sumenep tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Diperoleh thitung > ttabel (4,650 >
1,1661), ketiga berdasarkan hasil uji F (Uji Anova) diperoleh F hitung = 14,131
dengan tingkat sig 0,000 (0,000 < 0,05) artinya secara simultan H0 ditolak. dimana
nilai F hitung > F tabel (14,131 > 3,09), maka Ha diterima dan H0 ditolak yang dapat
disimpulkan bahwa kualitas layanan dan bauran pemasaran ada pengaruh
signifikan secara simultan terhadap variabel Y keputusan anggota menabung di
BMT NU Pusat Gapura Sumenep
Tidak tersedia versi lain