Text
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Personal SellingTerhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih Produk Simpanan Suka Rela (SISUKA) Di KSPPS Nuri Jatim Cabang Paldudding Pamekasan
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Personal Selling, Keputusan Anggota
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Kualitas
Layanan dan Personal Selling berpengaruh terhadap keputusan anggota dalam
memilih produk. Kualitas layanan meupakan ukuran sejauh mana suatu layanan
yang diberikan dapat memenuhi harapan dari pelangganya. Kualitas layanan
adalah upaya dalam mememnuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dan
ketepatan informasi untuk mengimbangi harapan pelanggan. Personal selling
sebagai interaksi antar individu, saling bertatap muka yang ditunjukkan untuk
menghasilkan, menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan
hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Keputusan
dalam memilih produk sangat dipengaruhi oleh apa yang diperoleh calon
pelanggan baik dalam bentuk personal selling yang diberikan maupun kuliatas
layanan yang diharapkan. Dalam melilih produk pastinya calon nasabah
mempunyai penilaian terlebih dahulu terhadap beberapa produk yang di tawarkan,
dan setelah menyesuaikan dengan kebutuannya barulah calon pelanggan akan
memutuskan dan menyakinkan pilihannya. Pengharapan calon pelanggan ini
pastinya dibentuk berdasarkan pengalamannya sendiri, baik dari personal selling
dan kualitas layanannya yang di berikan oleh Pihak Koperasi Simpan Pinjam dan
Pembiayaan Syariah (KSPPS) Nuri Jatim Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dang
menggunakan analisis linier berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan insidental sampling. Dan juga penelitian ini
menggunakan 98 responden denagan menyebarkan kuesioner/angket kepada para
anggota produk simpanan suka rela (SISUKA).
Hasil penelitian menujukkan berpengaruh dikarenakan pada hasil variabel
Kualitas Layanan diperoleh nilai thitung sebesar 4,137 > ttabel 1,985 dan nilai
signifikan 0,000 < 0,005. Untuk variabel Personal Selling Hasil dari uji tersebut
menujukkan bawhwasanya nilai thitung 3,600 > ttabel 1,985 dan nilai signifikan
signifikan 0,000 < 0,005. Dan pada pengujian hipotesis dengan uji F nilai Ftabel
sebesar 3,09 berarti nilai Fhitung 19,139 > 3,09 dan tingkat signifikansinya 0,000 <
0,005 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kualitas
Layanan dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Dalam Memilih
Produk Simpanan Suka Rela (SISUKA) Di KSPPS Nuri Jatim Cabang Paldudding
Pamekasan
Tidak tersedia versi lain