Text
Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Anggota Pada Produk Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) Di KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Marketing, Marketing Mix, Produk (product), Harga (price),
Tempat (place), Promosi (promotion), Orang (people), Proses (process), dan Bukti
Fisik (physical evidence), Minat Anggota
Bauran pemasaran Bank merupakan serangkaian aktivitas pemasaran yang
dilakukan Bank perusahaan untuk melayani nasabah yang menjadi target pasar.
Bauran pemasaran ini dapat dirancang berdasarkan segmen yang dituju, mengingat
masing-masing segmen nasabah memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda.
Dalam strategi pemasaran ini, terdapat tujuh aktivitas penting atau yang biasa
dikenal dengan “7P”dalam bauran pemasaran, yaitu: produk (product), harga
(price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan
bukti fisik (physical evidence).
Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana penerapan strategi marketing mix KSPPS NU Cabang Kadur
Pamekasan pada produk simpanan berjangka wadi’ah berhadiah (Sajadah), kedua,
bagaimana dampak strategi marketing mix terhadap peningkatan anggota pada
produk simpanan berjangka wadi’ah berhadiah (Sajadah) di KSPPS NU Cabang
Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian
deskripsif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta pengecekan
keabsahah data dilakukan menggunakan kriteria tertentu seperti credilibity,
transferability, dependability. dan confirmability.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi Marketing Mix yang
dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan dalam meningkatkan
jumlah anggota yaitu dengan menerapkan strategi marketing 7P yang terdiri atas
Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Manusia
(People), Proses (Procces) dan Bukti Fisik (Physical Eviden). Dengan adanya
penerapan strategi marketing mix telah memberikan manfaat dan progress yang
sangat baik bagi KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan dalam mencapai
target perusahaan dengan berbagai macam produknya khususnya produk unggulan
baru produk Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) yang setiap
tahunnya mengalami peningkatan jumlah anggota. 2. Dampak penerapan Strategi
Marketing Mix terhadap Minat Anggota pada Produk Simpanan Berjangka Wadiah
Berhadiah (SAJADAH) di KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan cukup
efektif dengan meningkatnya anggota setiap tahunnya, sebab produk baru yang
ditawarkan dan penerapan strategi marketing mix yang dilakukan merupakan
terobosan baru yamg berbeda dengan produk serta strategi sebelumnya
Tidak tersedia versi lain