Text
Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Barokah Di BPRS Bhakti Sumekar KC Pamekasan
Kata Kunci : Marketing Mix, Keputusan Nasabah
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan merupakan salah satu bank
yang memiliki banyak produk keuangan untuk membantu masyarakat dalam
memenuhi kebutuhan keuangannya, mulai dari produk tabungan, pembiayaan
konsumtif dan komersial, deposito, Rahn, dan lain sebagainya. Untuk produk
tabungan unggulan yang banyak diminati oleh nasabah ialah tabungan barokah.
Karena banyaknya nasabah yang menggunakan produk tersebut, pasti ada strategi
pemasaran yang dipakai oleh BPRS Bhakti Sumekar sehingga dapat mempengaruhi
pengambilan keputusan nasabah. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah
salah satu strategi pemasaran yakni marketing mix berpengaruh terhadap
pengambilan keputusan nasabah baik secara parsial maupun simultan di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasinya
adalah seluruh nasabah produk tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan sebanyak 7783 nasabah. Peneliti menggunakan teknik
pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling
sehingga diperoleh 99 sampel responden. Untuk teknik analisanya peneliti
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian berdasarkah uji hipotesis, uji T secara parsial menunjukkan
bahwa variabel Marketing mix product (X1), price (X2), place (X3), people (X5),
physical evidence (X6), dan process (X7) dengan nilai sig. < 0,05 artinya keenam
variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan
untuk variabel promotion (X4) memiliki nilai sig. sebesar 0,268 > 0,05 sehingga
tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih
produk tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Untuk hasil uji F secara simultan, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 menunjukkan
bahwa variabel independen yakni marketing mix yang terdiri dari 7P berpengaruh
secara simultan serta berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yakni
keputusan nasabah memilih produk tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain