Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Tabungan Easy Wadiah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Lamongan Pasar Babat
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas Nasabah.
Loyalitas nasabah merupakan bentuk kesetiaan nasabah dalam menggunakan
suatu produk atau jasa yang disediakan oleh bank. Kualitas pelayanan dan kualitas
produk yang ditawarkan oleh bank jika dikelola dengan baik dan tepat nantinya akan
berkontribusi positif terhadap terwujudnya loyalitas nasabah. Karena pengamatan,
pengalaman serta harapan nasabah saat berhubungan dengan bank akan
mempengaruhi persepsi yang diterimanya.
Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidaksesuaian antara jumlah nasabah
Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat dengan jumlah pegawainya,
sebagaimana nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan kualitas
produk yang diberikan pegawai kepada nasabah. Sehingga, penelitian ini bertujuan
untuk: pertama mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah
pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Lamongan Pasar Babat, kedua mengetahui
pengaruh kualitas produk tabungan easy wadiah terhadap loyalitas nasabah pada
Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Lamongan Pasar Babat, ketiga mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk tabungan easy wadiah terhadap
loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Lamongan Pasar Babat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan
menggunakan teknik simple random sampling dengan karakteristik: pertama nasabah
aktif Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat, kedua nasabah yang
menggunakan produk tabungan easy wadiah. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah produk tabungan easy
wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat dengan model skala
likert. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan
analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS version 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan
Pasar Babat karena nilai thitung -0,070 < ttabel 1,985 dan nilai sig. 0,944 > 0,05,
kedua kualitas produk tabungan easy wadiah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah
pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat karena nilai thitung 3,080
> ttabel 1,985 dan nilai sig. 0,003 < 0,05, ketiga Kualitas pelayanan dan kualitas
produk tabungan easy wadiah berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah
pada Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat karena nilai fhitung 4,748 >
ftabel 3,09
Tidak tersedia versi lain