Text
Pengaruh Pengetahuan Produk dan Promosi Terhadap Minat Calon Nasabah Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Desa Tambung
Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Promosi, Minat Calon Nasabah
Minat calon nasabah adalah tindakan dari masyarakat untuk tertarik atau tidak
terhadap produk tabungan dari Bank Syariah. Pengetahuan produk merupakan
pengetahuan masyarakat tentang informasi terkait produk tabungan. Produk Bank
Syariah akan sampai pada masyarakat jika ada kegiatan promosi yang dilakukan oleh
pihak Bank. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi minat calon nasabah yaitu
keingintahuan, kebutuhan dan sebagai fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah pengetahuan produk dan promosi berpengaruh terhadap minat
calon nasabah menabung di Bank Syariah pada masyarakat desa Tambung.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah masyarakat desa Tambung yang sudah bekerja dengan jumlah
1.273 orang. Adapun teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling. Adapun ukuran sampel dihitung menggunakan rumus
slovin, sehingga didapat 93 responden. Responden yang digunakan adalah masyarakat
desa tambung yang belum atau tidak menggunakan produk tabungan Bank Syariah
dengan cara menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t variabel pengetahuan produk (X1)
mempunyai nilai thitung > ttabel sebesar 4,440 > 1,990, dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05,
artinya variabel pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap minat calon
nasabah. Variabel promosi (X2) mempunyai nilai thitung < ttabel sebesar 0,990 < 1,990
dan taraf signifikansi 0,325 > 0,05, artinya variabel promosi tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat calon nasabah (Y). Uji F (simultan) diperoleh nilai Fhitung
sebesar 44,736 > nilai Ftabel 3,097 dan taraf signikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat
disimpulkan bahwa variabel X (pengetahuan produk dan promosi) secara simultan
berpengaruh terhadap minat calon nasabah menabung di Bank Syariah pada
masyarakat desa Tambung
Tidak tersedia versi lain