Text
Implementasi Layanan Produk SIDIK (Simpanan Pendidikan) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di KSPPS Nuri Jawa Timur Cabang Pakong
Kata Kunci: Simpanan Pendidikan , KSPPS Nuri.
Tingginya biaya hidup pada era saat ini tentunya menjadi suatu
problemtaikan berkepanjangan bagi masyarakat Indonesia, yang mana dalam hal
ini juga menyangkut biaya pendidikan anak di masa yang akan datang, mengingat
anjuran agama dan perkembangan zaman menuntut seseorang memperluas
pendidikannya setinggi mungkin sehingga ketidakpastian fisik orang tua
merupakan alasan bagi orang tua untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak
sedini mungkin. Oleh karena itu pada saat ini sudah banyak koperasi-koperasi
yang menyediakan layanan SIDIK bagi masyarakat dengan tujuan membantu
masyarakat untuk keperluan anak di masa mendatang. Dengan demikian, hal
tersebut menjadi suatu tantangan tensendiri bagi para karyawan hususnya manajer
yang ada di KSPSS Nuri cabang Pakong untuk lebih memaksimalkan kembali
pelayanan yang diberikan guna menunjang penambahan anggota. Berdasarkan
permasalahan diatas terdapat dua rumusan masalah dalam skripsi ini, pertama:
Bagaimana pelaksanaan layanan produk simpanan pendidikan (SIDIK) oleh
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur (KSPPS Nuri
Jatim) Cabang Pakong?, Kedua: Bagaimana dampak layanan produk simpanan
pendidikan (SIDIK) terhadap peningkatan jumlah anggota di Koperasi Simpan
Pinjam Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur (KSPPS Nuri Jatim) Cabang
Pakong?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga
dokumentasi. Informannya diantaranya manajer, karyawan dan anggota KSPSS
Nuri Cabang Pakong. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penerapan sistem pelayanan
yang diberikan oleh pihak KSPPS NURI Jatim Cabang Pakong diantaranya
dikenal dengan istilah jemput bola, yang mana hal itu pihak karyawan KSPPS
NURI Jatim Cabang Pakong menjemput ke setiap lembaga pendidikan yang sudah
bekerja sama. Selain itu pihak lembaga atau nasabah juga bisa datang langsung ke
kantor KSPPS Nuri cabang Pakong untuk menabung. (2) Dampak layanan yang di
berikan oleh petugas KSPPS NURI Jatim Cabang Pakong berdampak positif dan
juga negatif, yang mana dampak positif yang diterima adalah bisa menabung
dengan nyaman dan aman untuk keperluan anak di masa yang akan datang,
sedangkan dampak negatifnya yaitu terletak pada pelayanan yang diberikan yang
mana dari segi pelayanan itu masih ada beberapa karyawan yang kurang ramah
sehingga menurut anggota malas menabung
Tidak tersedia versi lain