Text
Strategi Promosi Dalam Pemasaran Produk Tabungan Umum Syariah Di BMT UGT Nusantara Capem Pegantenan
Kata Kunci : Strategi, Promosi, Pemasaran
Produk tabungan umum syariah ini bersifat Mudharabah Musyarakah
dimana para pemilik dana (shahibul maal) terdiri dari banyak pihak yang
memberikan dananya untuk dikembangkan oleh pihak kedua (bank syariah
sebagai mudharib) pada bidang atau sektor yang dapat menghasilkan laba.
Dengan nisbah 30% anggota : 70% BMT. Titipan ini dapat diambil sewaktuwaktu pada saat dibutuhkan oleh pihak yang menitipkannya. Produk tabungan
umum syariah menjadi salah satu produk tabungan yang sangat diminati oleh
masyarakat di BMT UGT Nusantara Capem Pegantenan, produk tabungan ini
mengalami peningkatan setiap tahunnya. Fokus penelitian ini adalah pertama:
bagaimana strategi promosi pada produk tabungan umum syariah di BMT UGT
Nusantara capem pegantenan. Kedua: bagaimana efektifitas strategi promosi
dalam meningkatkan jumlah anggota dalam meningkatkan produk tabungan
umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Pgenatenan.
Subjek penelitian ini adalah produk tabungan umum syariah BMT UGT
Nusantara Capem Pegantenan dan objek dari penelitian ini adalah strategi promosi
dalam pemasaran produk tabungan umum syariah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang digunakan untuk
menggambarkan karakter sesuatu atau fenomena yang diteliti. Dan prosedur
pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah kepala cabang, petugas BMT,
anggota BMT UGT Nusantara Capem Pegantenan. Sedangkan pengecakan
keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Dalam melakukan strategi promosi BMT UGT Nusantara Capem
Pegantenan ini melakukan silaturahmi ke masyarakat dan bersosialisasi ke pasarpasar supaya anggota tertarik untuk berpartisipasi dan ikut serta dalam bergabung
di produk tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Pegantenan.
Strategi yang dilakukan oleh BMT ini menggunakan sistem jemput bola, Personal
selling, silaturahim, membagikan brosur, media sosial. Strategi ini dilakukakan
untuk menarik minat anggota supaya bergabung di produk tabungan umum
syariah di BMT. Perkembangan produk tabungan umum syariah tidak lain karna
kerja keras pihak BMT sehingga hal itu membuktikan peningkatan produk
tabungan umum syariah setiap tahunnya mengalami peningkatan. jumlah anggota
BMT UGT Nusantara Capem Pegantenan, khususnya 3 (tiga) tahun terakhir
(tahun 2019, 2020, 2021) mengalami peningkatan anggota, dapat dilihat dari
jumlah anggota yang cenderung mengalami peningkatan yang signifikan dari
tahun 2019-2021.Pada tahun 2019 anggota sebanyak 1665 anggota, pada tahun
2020 anggotanya sebanyak 2080 dan pada tahun 2021 angotanya sebanyak 2495
Tidak tersedia versi lain