Text
Strategi Pelayanan Prima Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Waru Pamekasan
Kata Kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan Nasabah
Pelayanan prima adalah pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan
sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan. Sedangkan, kepuasan
nasabah adalah penilaian dari pelanggan atas penggunaan barang ataupun jasa
dibandingkan dengan harapan sebelum penggunaannya. Melalui pelayanan prima,
perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan perusahaan dapat mempertahankan
pelanggan lama.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan pokok, sehingga
menghasilkan fokus penelitian. Pertama, Bagaimana penerapan pelayanan prima
di PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Waru Pamekasan. Kedua,
Bagaimana efektivitas pelayanan prima dalam meningkatkan kepuasan nasabah di
PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Waru Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan pedekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan
memperoleh sumber data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada
penelitian ini terdapat 13 informan, yang terdiri dari pimpinan cabang, karyawan
serta nasabah PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Waru Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Waru Pamekasan selalu berusaha memberikan pelayanan dengan sebaik
mungkin dan melayani dengan maksimal, selalu menjaga tali silaturahmi dengan
rasa kekeluargaan, memberikan pelayanan dengan sopan santun, ramah,
menerapkan 3S, bertanggung jawab dan memahami setiap kebutuhan nasabah.
Dengan memberikan pelayanan prima kepada nasabah akan membuat nasabah
merasa puas dan tetap loyal sehingga nasabah mempunyai keinginan untuk
kembali bertransaksi dan menggunakan produk yang ada di PT. BPRS Bhakti
Sumekar Kantor Cabang Waru Pamekasan dan menutup kemungkinan nasabah
untuk berpindah ke lembaga keuangan lainnya.
Tidak tersedia versi lain