Text
Strategi Marketing mix KSPPS Nuri Jatim cabang Pamekasan Kota Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Simpanan Pendidikan (SIDIK)
Kata Kunci: Marketing mix 4p, Jumlah Anggota, Simpanan Pendidikan
Simpanan pendidikan merupakan salah satu produk unggulan yang ada di
KSPPS Nuri Jatim cabang Pamekasan Kota. Oleh karena itu untuk menambah
jumlah anggota pada produk simpanan pendidikan, KSPPS Nuri Jatim cabang
Pamekasan Kota menerapkan strategi Marketing mix 4P. Marketing mix
merupakan perangkat atau alat alat pemasaran yang dipadukan yang terdiri dari
Product, Price, Place, Promotion.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni
Redukasi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama: Marketing mix 4p
diterapkan oleh KSPPS Nuri Jatim cabang Pamekasan Kota dengan menghadirkan
produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tabungan biaya
pendidikan, tidak adanya biaya admin pada simpanan ini untuk menyesuaikan
dengan target pasar yaitu masyarakat menengah kebawah, lokasi kantor yang
cukup strategis berada dipinggir jalan besar dan dekat dengan kota maupun pasar,
strategi promosi door to door dan sosialisasi menjadi pilihan yang tepat karena
berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga pesan yang hendak
disampaikan bisa tersampaikan dengan jelas. Kedua, hal yang menghambat
KSPPS Nuri jatim dalam meningkatkan jumlah anggota Simpanan pendidikan
adalah faktor ancaman dari produk yang masih sepi peminat, strategi price yaitu
bonus masih belum merata, strategi promosi yang hanya menggunakan strategi
door to door serta lokasi yang berada dikota sehingga banyak pesaing yang ada
disekitar lokasi KSPPS Nuri Jatim cabang Pamekasan Kota
Tidak tersedia versi lain