Text
Strategi Pemasaran Produk Gadai Gmas Di BPRS Bhkati Sumekar Cabang Pratama Bandaran
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Produk gadai emas
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran sebagai lembaga keuangan yang
menghasilkan keuangan juga membutuhkan stratgei pemasaran untuk memsarakan produknya.
Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi dan keinginan akan produk jasa.
Dalam melakukan pemasaran lembaga keuangan memiliki beberapa tujuan yaitu
memperkenalkan dan mempertahankan prodak dalam rangka menghadapi persaingan antara
lembaga keuangan lainnya.
Berdasarkn hal tersebut maka yang menjadi fokus penelitian. Dalam penelitian ini
adalah pertama bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas yang di terapkan oleh BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran. Kedua peluang dan hambatan yang di hadapi
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran. Tujuannya, pertama untuk menjelaskan
strategi pemasaran produk gadai emas di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran.
Kedua untuk menjelaskan peluang dan hambatan yang di hadapi BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pratama bandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan analisis deskriptif. Data yang
diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan
wawancara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, sedangkan data sekunder
diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini dipeoleh dari buku
maupun dari sumber lainnya.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang di lakukan BPRS Bhakti
Sumekar Cabang Pratama Bandaran pada produk gadai emas dalam menerapkan strategi
pemasaran dengan menggunakan STP (segmenting, targeting, positioning). Segmentasi
pasarnya adalah berfokus pada masyarakat Bandaran, targeting yaitu target pasar pada produk
gadai emas adalah semua kalangan masyarakat Bandaran, dan positioning adalah menentukan
posisi pasar yaitu tempatnya. Peluang dan hambatan dari stratgei pemasaran yang
mempengaruhi pada produk gadai emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran
meliputi harga dan kompetitor atau pesaing dari perusahaan lain, dan juga dari turunnya harga
emas melebihi dibawah nilai gadai. Harga yang di berikan oleh BPRS Bhakti Sumekar cabang
pratama Bandaran relatif murah. Ada juga lokasi. Penentuan lokasi BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pratama Bandaran dilakukan dengan berbagai pertimbangan dengan alasan dekat
dengan keramaian sekitar pasar, dan mudah di jangkau oleh masyarakat. Yang terakhir produk.
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran menawarkan beberapa produk gadai emas
yang menjadi keinginan dan kebutuhan nasabah.
Tidak tersedia versi lain