Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Gaul iB di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Minat Nasabah
Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini yaitu dari hasil wawancara
terhadap karyawan BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep pertumbuhan
nasabah produk tabungan Gaul iB pada tahun 2021 dimana produk ini merupakan
tabungan baru yang mengalami peningkatan semenjak produk tersebut diperkenalkan
kepada masyarakat yakni sebanyak 295 pada tahun 2020 dan meningkat sebanyak 401
pada tahun 2021. Di mana hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas produk dan citra
perusahaan yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Sedangkan
akad dari tabungan Gaul iB sendiri menggunakan akad mudharabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan citra
perusahaan berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan Gaul iB di
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas yaitu
penelitian yang menggunakan analisis data statistik atau angka-angka, dan analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh nasabah yang menggunakan produk tabungan Gaul iB di BPRS Bhakti
Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Untuk menentukan ukuran sampel menggunakan
rumus slovin sehingga mendapatkan sampel sebanyak 80 orang. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cara simple
random sampling, dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel
dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam
populasi.
Berdasarkan hasil analisis uji t (parsial), variabel kualitas produk (X1) pada
thitung diperoleh hasil sebesar -3,779 > 1,991 (ttabel) sedangkan nilai sig 0,000 < 0,05.
Hal ini menyatakan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah (Y). Untuk variabel citra perusahaan (X2) pada thitung diperoleh
hasil sebesar 3,312 > 1,991 (ttabel) sedangkan nilai sig 0,002 < 0,05. Hal ini menyatakan
bahwa variabel citra perusahaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah
(Y). Adapun hasil analisis uji F (simultan), diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,825 > 3,12
(Ftabel) sedangkan nilai sig 0,000 < 0,05. Yang berarti variabel kualitas produk (X1) dan
variabel citra perusahaan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah
(Y) pada produk tabungan Gaul iB di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep
Tidak tersedia versi lain