Text
Strategi Penentuan Lokasi Usaha Pada BMT Mawaddah di Palengaan Laok
Kata Kunci : Lokasi Usaha, Penentuan Lokasi
BMT Mawaddah Palengaan Laok adalah perusahaan yang bergerak
dibidang jasa, yang kegiatan operasionalnya adalah lebih fokus terhadap produk
dan pelayanan. Sebelum mendirikan usaha tersebut, tentunya telah
mempertimbangkan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi
usahanya. Diantara faktor tersebut yaitu memilih lokasi yang dekat dengan pasar
atau konsumen, alasan memilih lokasi yang berdekatandengan pasar atau
konsumen karena pada dasarnya memang hadir untuk melayani atau memberikan
modal bagi pengusaha menengah kebawah untuk meningkatkan permodalannya
maupun usahanya.
Fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini. ialah,
Bagaimana strategi pemilihan lokasi usaha pada BMT Mawaddah di Desa
Palengaan Laok.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pihak Manajemen
dan nasabah BMT Mawaddah Palengaan Laok. Dalam penelitian menggunakan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan
data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci, pengecekan
kebenaran informasi, dan perpanjangan waktu penelitian.
Adapun hasil penelitiannya bahwa, Strategi pemilihan lokasi usaha yang
digunakan oleh BMT Mawaddah dalam menentukan lokasi usahanya yaitu, yang
pertama melihat kepadatan penduduk dari daerah tersebut. Yang kedua Besar
pendapatan masyarakat sekitar lokasi. Yang ketiga banyaknya usaha yang
mendukung lokasi tersebut. Yang keempat akses menuju lokasi usaha.
Strategi pemilihan lokasi usaha pada BMT Mawaddah di Desa Palengaan
Laok yang pertama yaitu lokasi yang strategis yakni lokasi yang dekat dengan
aktivitas keramaian umum, seperti lokasi yang berada dipinggir jalan raya, di
dekat pasar, di dekat sekolah. Yang kedua lokasi yang fleksibel artinya lokasi
yang menguntungkan perusahaan dengan memanfaatkan lingkungan sekitarnya
Tidak tersedia versi lain