Text
Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Produk Tabungan Mudharabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Pragaan
Kata Kunci: Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya
lembaga keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar
lembaga keuangan syariah, maka lembaga keuangan syariah seperti halnya BMT
NU Jawa Timur Cabang Pragaan harus bisa menyiapkan strategi pemasaran yang
baik dan tepat sasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh BMT NU Jawa
Timur Cabang Pragaan adalah dengan memperhatikan personal selling dan kualitas
pelayanan. Dengan adanya personal selling dan kualitas pelayanan yang baik
anggota merasa puas sehingga menarik anggota untuk tetap menabung. Maka dari
itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh personal selling dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan anggota produk Tabungan Mudharabah di BMT NU
Jawa Timur Cabang Pragaan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota pada produk Tabungan Mudharabah di BMT NU Jawa
Timur Cabang Pragaan sebanyak 1.223 anggota. Sedangkan untuk penentuan
sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang
berjumlah 93 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel personal
selling (X1) berpengaruh terhadap kepuasan anggota produk Tabungan
Mudharabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Pragaan, dengan nilai thitung (8,062)
> ttabel (1,986) dan nilai sig 0,000 < 0,05. 2) Variabel kualitas pelayanan (X2)
berpengaruh terhadap kepuasan anggota produk tabungan mudharabah di BMT NU
Jawa Timur Cabang Pragaan dengan nilai thitung (2,431) > ttabel (1,986) dan nilai sig
0,017 < 0,05. 3) Secara simultan personal selling dan kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan anggota produk tabungan mudharabah di BMT NU
Jawa Timur Cabang Pragaan, dengan nilai Fhitung (34,673) > Ftabel (3,10) dan nilai
sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini
menunjukkan besarnya Adjusted R Square adalah 0,423 atau 42,3%. Hal ini berarti
sebesar 42,3% kemampuan model regresi pada penelitian ini dalam menerangkan
variabel dependen. Artinya 42,3% kepuasan anggota dijelaskan oleh variasi
variabel independen personal selling dan kualitas pelayanan.
Tidak tersedia versi lain