Text
Pengaruh Periklanandan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Memilih Produk SISUKA (Simpanan Suka Rela) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong
Kata Kunci : Periklanan, Personal Selling, Keputusan Anggota
KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong saat ini memiliki beberapa produk unggulan yang
dapat bersaing dari segi teknologi maupun kedekatan kepada masyarakat. Adapun produk yang
banyak peminatnya salah satunya produk SISUKA (Simpanan Suka Rela), Simpanan Suka
Rela merupakan simpanan untuk kebutuhan umum yang bisa ditarik kapan saja dan untuk apa
saja dengan akad wadiah. Dibalik suksesnya KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong dalam
mempengaruhi anggota/nasabah, tentunya terdapat peran pentingnya periklanan dan personal
sellingdalam pengambilan keputusan untuk memilih produk Simpanan Suka Rela. Maka dari
itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah Periklanan dan Personal Selling
berpengaruh terhadap keputusan anggota memilih produk SISUKA (Simpanan Suka Rela) baik
secara parsial dan simultan di KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis
statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pada produk
SISUKA (Simpanan Suka Rela) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong sebanyak 1.336 anggota.
Sedangkan untuk penentuan sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh
sampel yang berjumlah 94 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
nonprobability samplingdengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel periklanan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota memilih produk SISUKA
(Simpanan Suka Rela) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong, dengan nilaithitung 5,409> ttabel
1,987 dan nilai sig 0,000< 0,05.Variabel personal selling memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan anggota memilih produk SISUKA (Simpanan Suka Rela) di
KSPPS Nuri Jatim Cabang Pakong, dengan nilai thitung 5,325> 1,987 dan nilai sig 0,000< 0,05.
Secara simultan periklanan dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan anggota memilih produk SISUKA (Simpanan Suka Rela) di KSPPS Nuri Jatim
Cabang Pakong, dengan nilai Fhitung 47,217> Ftabel 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Besarnya
RSquare adalah sebesar 0,509 atau 51% yang berarti bahwa variabel independen (Periklanan
dan Personal Sellingmampu menjelaskan variabel Dependen yaitu Keputusan Anggota sebesar
51%.
Tidak tersedia versi lain