Text
Manajemen Pemasaran Bank Syariah Indonesia (KCP Trunojoyo 1 Sumenep)
Kata Kunci: Manajemen pemasaran, Strategi, Buaran Pemasaran, Analisis SWOT.
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan untuk merencanakan, menindak, mengawasi,
dan mengevaluasi segala hal yang ada hubungannya dengan proses mengenalkan produk
dan jasa kepada konsumen dan masyarakat luas.
Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
bagaimana manajemen pemasaran Bank Syariah Indonesia dalam perspektif bauran
pemasaran, kedua, bagaimana analisis kesenjangan Bank Syariah Indonesia dalam
menghadapi persaingan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan.
Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Bauran pemasaran yang di lakukan oleh BSI
KCP Trunojoyo 1 Sumenep dalam produknya adalah menawarkan produk yang memiliki
kualitas dan memiliki kegunaan atau manfaat yang sangat besar. Memberikan Harga pada
produk atau jasa yang sangat terjangkau dan relatif murah. Tempat pemasaran yang bisa di
akses dengan sangat mudah dan nyaman, dan juga memiliki akses ke bebrbagai lokasi
bisnis. BSI KCP Trunojoyo 1 Sumenep juga mempromosikan perusahaan dan produknya
melalui media cetak seperti brosur atau banner, dan juga menggunakan media sosial seperti
Instagram. 2). Analisis SWOT pada BSI KCP Trunojoyo 1 Sumenep memiliki kekuatan
untuk menghadapi persaingan dengan sumber pendanaan yang besar, citra perusahaan yang
telah dikenal utamanya pelaku UMKM, harga yang bersaing dengan pesaing lainnya dan
juga terus melakukan inovasi dan terobosan baru. Kelamahannya adalah fasilitas pelayanan
yang masih belum optimal dan masih minimnya kualitas SDM dan tenaga ahli yang
dimiliki, akan tetapi peluang yang dimiliki juga sangat besar, seperti pasar yang akan di
kuasai, dan penggunaan digital banking sebagai media pelayanan yang memudahkan
nasabah. Ancaman yang akan dihadapi berupa pengetahuan masyarakat mengenai bank
syariah dan juga kuatnya peran bank konvensional dalam kehidupan masyarakat, bank
syariah juga harus melakuakan pembaruan media digital dalam persaingan bisnis seperti
sekarang yang sudah menggunakan tekhnologi.
Tidak tersedia versi lain