Text
Optimalisasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam meningkatkan brand image di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci: Optimalisasi Integreted Marketing Communication (IMC), Brand
Image
Perkembangan lembaga keuangan syariah semakin pesat, seiring berjalan
waktu BPRS Bhakti Sumekar menerapkan Integrated Marketing communication
(IMC) dalam meningkatkan brand image di era jaman modern saat ini kemajuan
teknologi semakin canggih dan berkembang yang bisa digunakan jangka waktu
panjang maka dari itu lebih mengoptimalkan maka perlu mengenalkan produk
diperlukan implementasi promotion mix yang terdiri dari iklan (advertising),
promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations and
publicity), penjualan personal (personnel selling) dan penjualan langsung (direct
marketing).
Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana implementasi Integrated Marketing Communication (IMC)
dalam meningkatkan brand image di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya
Pamekasan, kedua, bagaimana optimalisasi Integrated Marketing Communication
(IMC) dalam meningkatkan brand image di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya
Pamekasan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh
dari data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dokumentasi serta pengecekan keabsahah data dilakukan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dengan adanya IMC
dapat memberikan kemudahan bagi BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya
Pamekasan dalam mempromosikan periklanan menggunakan pamflet, brosur, dan
media sosial seperti instagram dan facebook; hubungan masyarakat yang dilakukan
dalam bentuk pendekatan ke toko-toko maupun ke desa-desa dan juga mengikuti
event-event, penjualan pribadi yang dilakukan dalam memasarkan produk BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan dengan melakukan sistem canvasing
dengan cara door to door dan untuk pemasaran langsung yaitu dengan memberikan
informasi kepada calon nasabah. Kedua, dalam meningkatkan brand image terdapat
slogan yaitu “cepat, mudah, amanah” sehingga dapat menarik masyarakat untuk
menjadi nasabah. Faktor-faktor terbentuknya citra merek antara lain; keunggulan
produk, kekuatan merek, dan keunikan merek
Tidak tersedia versi lain