Text
Strategi Peningkatan Number of Account Dengan Kemudahan E-Channel di BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1
Kata Kunci: Number of Account (NOA), E-Channel
Pada zaman seperti saat ini teknologi terus mengalami kemajuan seperti
halnya pada bidang keuangan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas layanan echannel yang bisa diakses secara digital. Layanan e-channel bisa digunakan dalam
pembukaan rekening maupun untuk kebutuhan transaksi keuangan lainnya. Dari
adanya fasilitas layanan e-channel BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1 memanfaatkan
semaksimal mungkin layanan tersebut untuk memberikan kemudahan bagi nasabah
dan calon nasabahnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 3 (tiga) fokus
penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana
mekanisme layanan e-channel yang diterapkan oleh BSI KCP Sumenep Trunojoyo
1. 2) Bagaimana strategi layanan e-channel dalam peningkatan number of account
di BSI KCP Sumenep Trunojoyo. 3) Apa saja faktor pendukung, penghambat dan
solusi yang diterapkan dalam peningkatan number of account dengan adanya echannel di BSI KCP Sumenep Trunpjoyo 1.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis fenomenologi. Sumber data dan proses pengumpulan data dilakukan dengan
cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
meliputi branch manager, branch operation and service manager, customer service
dan 10 nasabah. Data yang didapatkan dari lapangan dianalisis dengan cara reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mekanisme yang dilakukan dalam
aktivasi layanan e-channel yaitu KTP, buku tabungan/rekening dan ATM. Layanan
e-channel yang disediakan yaitu ATM, BSI mobile, net banking, notifikasi (SMS
banking) dan BSI call. Dengan jumlah pengguna layanan e-channel paling banyak
digunakan selain ATM yaitu BSI mobile dengan jumlah rata-rata 338,125. Strategi
yang diterapkan yaitu mewajibkan nasabah menggunakan layanan e-channel,
bundling, menggarap pasar, cross selling sehingga dari adanya strategi tersebut
menunjukkan rata-rata pengguna layanan e-channel 425,625, NOA 323,125,
burekol 148,5. Dalam menggunakan layanan e-channel sebagai pembukaan
rekening atau yang lainnya tentunya ada faktor pendukung seperti BSI mobile dan
net banking yang sudah disediakan oleh pihak BSI, layanan e-channel yang mudah
dijangkau dan adanya referral. Selain itu, faktor penghambat yang dialami nasabah
seperti jaringan dan handphone yang tidak support, update sistem, pulsa serta
maraknya kejahatan phishing dan skimming. Adanya faktor penghambat tersebut,
BSI KCP Sumenep Trunojoyo 1 menyikapi dengan cara memberikan solusi cukup
maksimal yaitu dengan menyediakan fasilitas seperti jaringan Wi-Fi, handphone
atau tablet yang digunakan untuk membuka webform dan memberikan edukasi
terkait bagaimana menjaga akun agar tetap aman
Tidak tersedia versi lain