Text
Pengaruh Kualitas Produk, Bagi Hasil dan Promosi Terhadap Minat Anggota Bertransaksi Pada Tabungan Mudharabah Di BMT NU Cabang Kadur
Kata Kunci: Kualitas Produk, Bagi Hasil, Promosi Kualitas, minat anggota
bertransaksi.
Baitul Maal wat Tamwil merupakan konsep gabungan antara baitul maal
danbaitul tamwil. Dimana baitul maal berfungsi untuk mengumpulkan dana social
keislaman (zakat, infak,sedekah,wakaf) dan sekaligus mengoptimalkan
perindustrian pemberdayaansocial. Salah satu produk BMT dimana antusiasme
anggota begitu tinggi adalah mudharabah. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi minat anggota bertransaksi di BMT NU Cabang Kadur. Ada tiga
diantaranya adalah kualitas produk, bagi hasil dan promosi. Dalam penelitian ini
ingin menguji 1) bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap minat anggota
bertransaksi 2) bagaimana pengaruh bagi hasilterhadap minat anggota bertransaksi
3) bagaimana pengaruh promosi terhdap minat anggota bertransaksi.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif adalah
penelitian yang banyak menuntut penggunaan angka. Dengan menggunakan
desain penelitian jenis kausal, untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi
dari penelitian ini adalah nasabah di BMT NU Cabang Kadur yakni sebanyak
3.012 nasabah. Untuk penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh sampel yang berjumlah 97 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah nonprobabilitysampling dengan metode random sampling.
Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda.
Hasil pengujian analisis regresi linier berganda dengan output SPSS
dari hasil olah data laporan keuangan antara lain :1) variabel Berdasarkan hasil uji
F pada tabel diperoleh Fhitung sebesar 28,686 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan
nilai Ftabel sebesar 3,090. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung (28,686) > Ftabel
(3,090) dan nilai sig (0,000) < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa
variabel X berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y. 2) variabel kualitas
produk tidak berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai -0,529 dengan nilai
ttabel sebesar 1,984 artinya thitung (-0,529) > ttabel (1,984) dengan taraf sig 0,001 <
0,05. 3) variabel bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
anggota bertransaksi dengan nilai 2,799 dengan nilai ttabel sebesar 1,984 artinya
thitung (2,799) > ttabel (1,984) dengan taraf sig 0,000 < 0,05. 4) variabel promosi
tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota bertransaksi
dengan nilai 1,718 dengan nilai ttabel sebesar 1,984 artinya thitung (1,718) > ttabel
(1,984) dengan taraf sig 0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain