Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Anggota Menabung Pada Produk Tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Citra Perusahaan,
Keputusan Menabung
Lembaga keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang
cukup pesat, salah satunya yaitu lembaga keuangan mikro syariah. Semakin
banyak jumlah lembaga keuangan, tentunya akan menyebabkan meningkatnya
persaingan di industri keuangan maka diperlukan strategi untuk untuk menarik
perhatian masyarakat. KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis sangat
memperhatikan kualitas pelayanan, kualitas produk dan citra perusahaan untuk
menghadapi persaingan yang ada. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat 3
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama,
bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menabung
pada produk tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Kedua, bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keputusan anggota
menabung pada produk tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Galis. Ketiga, bagaimana pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan anggota
menabung pada produk tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Galis. Keempat, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan
citra perusahaan terhadap keputusan anggota menabung pada produk tabungan
Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik analis
data menggunakan regresi linear berganda. Jenis data dalam penelitian ini adalah
data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota
KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis yang menabung pada produk
tabungan Tabah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus
Slovin dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas pelayanan
diperoleh thitung sebesar 6,934, variabel kualitas produk diperoleh thitung sebesar
3,118, dan citra perusahaan diperoleh thitung sebesar 5,333. Dari hasil uji parsial 3
variabel diatas menunjukkan thitung > ttabel yang artinya kualitas pelayanan, kualitas
produk dan citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan angota menabung
pada produk tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Sedangkan untuk hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar 51,472 > Ftabel 2,60
yang artinya kualitas pelayanan, kualitas produk, dan citra perusahaan
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan anggota menabung pada produk
tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Jika dilihat dari
hasil uji determinasi (R²), besarnya kontribusi variabel dependen pada penelitian
ini yakni sebesar 61,7%
Tidak tersedia versi lain