Text
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Siaga diBMT NU Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Minat Menabung
Minat Seseorang dalam memilih produk sehingga menjadi tertarik terhadap produk
tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga muncul rencana untuk menggunakan
produk yang salah satunya dipengaruhi kesan yang baik dalam kualitas produk tersebut, dan
juga telah diberikan secara langsung kepada anggota dalam bentuk kualitas pelayanan.
Kualitas produk merupakan tujuan pemasaran yang berkaitan dengan kepuasan konsumen
yang harus mendapat perhatian utama dan kemampuan suatu produk untuk melaksanakan
fungsinya. Kualitas Layanan merupakan suatu pernyataan hubungan yang dihasilkan dari
perbandingan antara ekspektasi (harapan) dengan kinerja (hasil) Rencana tersebut pastinya
anggota atau calon anggota memiliki harapan terhadap produk tersebut baik berdasarkan
pengalaman sendiri, dari kualitas produk dan kualitas layanan yang diberikan oleh pihak
KSPPS BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Berdasarkan hal terebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah
kualitas produk berpengaruh terhadap minat menabung nasabah pada produk tabungan siaga
di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Kedua, apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap
minat menabung nasabah pada produk tabungan siaga di BMT NU Cabang Galis Pamekasan.
Ketiga, apakah kualitas produk dan layanan berpengaruh terhadap minat menabung anggota
pada produk tabungan siaga di BMT NU Cabang Galis Pamekasan. Oleh karena itu penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap minat menabung anggota pada produk tabungan siaga di BMT NU Cabang Galis
Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan
analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah
tabungan Siaga di BMT NU Cabang Galis Pamekasan yang berjumlah nasabah. Sedangkan
untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang
berjumlah 96 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik analisa data
yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas produk diperoleh thitung
sebesar 9,326> ttabel 1,986 yang berarti kualitas produk berpengaruh terhadap minat
menabung nasabah pada Produk TabunganSiaga di BMT NU Cabang Galis Pamekasan.
Untuk variabel kualitas layanan diperoleh thitung sebesar 3,722 > ttabel 1,986 yang berarti
kualitas layanan berpengaruh terhadap ProdukTabungan Siaga di BMT NU Cabang Galis
Pamekasan. Sedangka untuk hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 72,131 > Ftabel
3,09 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kualitas produk dan
kualitas layanan terhadap Produk Siaga di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
Tidak tersedia versi lain