Text
Implementasi Segmenting, Targeting, dan Positioning Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep
Kata Kunci: Implementasi Segmenting, Targeting, dan Positioning, KSPPS BMT
Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep, Tabungan Mudharabah
(TABAH).
KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan merupakan koperasi yang
bergerak dalam bidang jasa simpan pinjam kepada masyarakat. Salah satunya
ialah produk tabungan mudharabah (TABAH). Tabungan ini merupakan tabungan
yang sangat digemari dan banyak peminatnya. Dengan adanya tingkat persaingan
yang semakin ketat antar BMT dan lembaga keuangan lainnya, maka dalam
memasarkan produknya tersebut diperlukan strategi agar bisa menarik minat calon
anggota, salah satunya yaitu dengan strategi pemasaran STP. Maka berdasarkan
konteks penelitian diatas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah:
Pertama, Bagaimana Penerapan Segmenting, Targeting, dan Positioning Pada
Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang
Pragaan Sumenep. Kedua, Bagaimana Hambatan Dalam Penerapan Segmenting,
Targeting, dan Positioning Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di
KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif dengan memperoleh sumber data dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pada penelitian ini informan terdiri dari Kepala Cabang, Bagian
Tabungan, Staff Administrasi, serta Anggota KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang
Pragaan Sumenep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan segmenting, targeting,
dan positioning pada produk tabungan mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT
Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep antara lain Pertama, memilih Segmentasi
berdasarkan Geografis, Demografis, dan Psikografis. Kedua, Targeting atau target
pasar dari KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Pragaan Sumenep lebih mengarah
kepada masyarakat dari segi ekonomi menengah kebawah seperti pedagang,
petani, nelayan, dan lain-lain. Ketiga, Positioning dari KSPPS BMT Nuansa Umat
Cabang Pragaan Sumenep adalah dengan memperlihatkan keunikan atau ciri khas
dari tabungan mudharabah (TABAH) seperti dalam tabungan ini bisa diambil
kapan saja, memperoleh bagi hasil 40% setiap bulannya dan juga mendapatkan
bonus berupa sembako. Hambatan dalam penerapan segmenting, targeting, dan
positioning pada produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Cabang
Pragaan dibagi menjadi tiga macam yaitu yang pertama adalah hambatan dalam
melakukan segmentasi. Yang kedua adalah hambatan dalam melakukan targeting.
Yang ketiga adalah hambatan dalam melakukan positioning
Tidak tersedia versi lain