Text
Strategi Pemasaran Produk iB Hasanah Card dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah di BSI KCP Sumenep
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, dan iB Hasanah Card.
Strategi pemasaran produk sangat penting bagi setiap perusahaan khususnya di BSI
KCP Sumenep sebagai kunci utama dalam upaya peningkatan jumlah nasabah dan dalam
upaya peningkatan jumlah pengguna iB Hasanah Card. Penelitian ini dilakukan sebab
peneliti menemukan adanya hal menarik yang berhubungan dengan daya tarik yang
membuat konsumen memilih menggunakan produk iB Hasanah Card dalam kehidupan
sehari-hari. Fenomena ini erat kaitannya dengan strategi promosi yang dilakukan BSI
Syariah dalam memasarkan produknya. Hal tersebut juga merupakan komponen terpenting
yang akan menentukan tingkat keberhasilan lembaga tersebut.
Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana strategi pemasaran produk iB Hasanah Card di BSI KCP Sumenep, kedua apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran produk IB
Hasanah Card di BSI KCP Sumenep. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk untuk
mengetahui tentang strategi pemasaran produk iB Hasanah Card di BSI KCP Sumenep.
Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran
produk iB Hasanah Card. Variabel dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran produk
iB Hasanah Card dan jumlah nasabah BSI KCP Sumenep. Untuk mencapai tujuan tersebut
maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data yang dalam penelitian ini dibedakan diperoleh dari sumber data primer dan
sumber data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara, dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan di BSI KCP
Sumenep adalah strategi promosi sekaligus personal selling dimana pihak BSI KCP
Sumenep akan terjun langsung menghampiri nasabah untuk mempromosikan atau
menawarkan produk iB Hasanah Card, hal ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat
agar menjadi nasabah dan menggunakan produk iB Hasanah Card tersebut. Dalam
penerapan strategi pemasaran tersebut terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat
yang dapat ditemukan. Faktor pendukung dari penerapan strategi ini berupa faktor produk,
tempat atau lokasi, serta bonus atau reward. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam
penerapan strategi pemasaran produk iB Hasanah Card ini adalah faktor pesaing dan dan
faktor tidak cukup modal. Oleh karena itu hendaknya BSI KCP Sumenep hendaknya
memiliki strategi pemasaran yang tepat agar dapat mengatasi faktor penghambat tersebut
Tidak tersedia versi lain