Text
Pengaruh Brand image dan Promosi terhadap Keputusan Anggota memilih Produk TABAH di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci : Brand image, Promosi, Keputusan
Berkembangnya perekonomian Indonesia khususnya dalam sektor jasa menciptakan
sebuah persaingan yang semakin ketat tidak terkecuali pada sektor perbankan, yang mana saat
ini persaingan dalam dunia perbankan tidak lagi berfokus pada produk akan tetapi lebih
mengedepankan pada pelayananannya. Persaingan usaha yang semakin ketat dan penuh
tantangan, menyebabkan lembaga keuangan syariah baik bank maupun non perbankan
khususnya pihak manajemen harus mampu merancang dana menyusun strategi pemasaran
yang mampu manjawab dan memenuhi tantangan pasar serta menjadikannya sebagai peluang
pasar pada kancah persaingan bisnis baik masa sekarang ataupun masa yang akan datang.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mengunakan analisis
statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Produk
TABAH di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan yang berjumlah 6.242
Anggota. Sedangkan untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh sampel yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik
analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil uji t (uji parsial) thitung untuk variabel Brand image (X1) sebesar 7,750
taraf sig. 0,000, Hal ini menunjukkan bahwa thitung (7,750) > ttabel (1,984) dan nilai sig. (0,000)
< 0,05. yang berarti Brand image (X1) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan anggota (Y). untuk variabel Promosi (X2) diperoleh thitung sebesar 4,202 taraf sig.
0,000, Hal ini menunjukkan bahwa thitung (4,202) > ttabel (1,984) dan nilai sig. (0,000) < 0,05.
yang berarti promosi (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota
(Y). Sedangkan hasil uji f (simultan) diperoleh nilai Fhitung (64,322) > Ftabel (3,090) dan taraf
sig. (0,000) < 0,05. artinya variabel Brand image dan Promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan anggota memilih produk TABAH di KSPPS BMT Nuansa
Umat Cabang Galis Pamekasan
Tidak tersedia versi lain