Text
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasisi Syariah) dalam Meningkatkan Minat Anggota di BMT NU Cabang Kadur
Kata Kunci :Strategi Pemasaran, Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis
Jamaah), BMT NU
Strategi pemasaran merupakan tindakan terukur dengan tujuan agar
produk dalam sebuah perusahaan dikenal oleh masyarakat luas. Strategi
pemasaran juga merupakan awal dari langkah bisnis yang bertujuan untuk
menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk. Strategi pemasaran juga
dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa dengan tujuan untuk
menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu startegi pemasaran sangatlah penting
untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya startegi pemasaran perusahaan
dapat melayani seluruh konsumen dengan kebutuhan dan keinginan yang berbeda.
Fokus dalam penelitian ini ada dua, yaitu : pertama: Bagaimana Strategi
Pemasaran Produk Pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dalam
Meningkatkan Minat Anggota di BMT NU Cabang Kadur, kedua :Bagaimana
Perilaku Anggota Sebagai Konsumen dalam Menggunakan Produk Pembiayaan
LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) di BMT NU Cabang Kadur.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualittatif dengan
jenis penelitian deskriptif berupa kata tertulis ataupun lisan dari orang-orang dan
perilaku yang diamati. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala cabang, staf
pembiayaan LASISMA, admin BMT NU Cabang Kadur, dan beberapa anggota
LASISMA. Objek penelitian yang digunakan yaitu di BMT NU Cabang Kadur.
Hasil penelitian pertama yaitu dengan adanya strategi pemasaran yang
terarah dapat membantu memudahkan perusahaan dalam menarik minat anggota,
yaitu dengan cara menggunakan startegi bauran mix syariah 4P(product/produk,
price/harga, place/tempat, promotion/promosi). Dengan menyesuaikan produk
pembiayaan LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) dengan kebutuhan
masyarakat menengah kebawah dalam mengembangkan usahanya, sehingga
adanya produk pembiayaan ini sangat cocok dengan kebutuhan masyarakat.
Kemudian menetapkan strategi harga dengan jasa seikhlasnya yang disepakati
bersama antara perusahaan dengan anggota sehingga produk ini tidak
memberatkan anggota yang ingin melakukan pembiayaan LASISMA. Dan
ddukung oleh tempat atau lokasi kantor BMT NU Cabang Kadur yang sangat
startegis dan berada di jalan raya Kadur dekat dengan pasar, sehingga mampu
menarik minat masyarakat untuk menngunakan produk yang ada di BMT NU
Cabang Kadur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anggota. Kemudian BMT
NU Cabang Kadur juga melakukan promosi melalu media online atau offline.
Hasil yang kedua menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam menggunakan
produk LASISMA disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya kebutuhan,
lingkungan, kelas sosial dan budaya
Tidak tersedia versi lain