Text
Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah, Bank
Syariah Indonesia
Pemasaran merupakan strategi yang dilakukan dalam menjalankan kegiatan
usaha baik produk ataupun jasa. Banyaknya pesaing dan perkembangan teknologi
membuat bank syariah selaku perusahaan jasa juga menerapkan hal tersebut. Bank
Syariah Indonesia KC Pamekasan merupakan salah satu bank syariah yang
menerapkan strategi pemasaran dengan mempersiapkan kualitas layanan mobile
banking untuk memenuhi kebutuhan nasabah sehingga dapat meningkatkan
kepuasan nasabah. Sehingga, rumusan masalah pada penelitian ini yang pertama
apakah kualitas layanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah
Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh kualitas
layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KC
Pamekasan. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan
nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh
kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah
Indonesia KC Pamekasan.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian konklusif kausal yaitu penelitian yang menggunakan analisis statistik
untuk menguji hipotesis yang berhubungan dengan variabel yang diteliti yaitu
variabel kualitas layanan dan kepuasan nasabah. Teknik pengambilan sampel
menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling.
Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa yang
pertama, variabel independen (kualitas layanan) berpengaruh signifikan terhadap
variabel dependen (kepuasan nasabah) Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan
dibuktikan dengan hasil uji t yang dapat dilihat pada tabel coefficients nilai thitung
diperoleh sebesar 3,820 dan nilai ttabelsebesar 1,984. Maka thitung 3,820 > ttabel1,984
dengan nilai signifikasi sebesar 0,000, yang mana nilai 0,000 < 0,05. Kedua,
berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan uji R2
(R Square) melalui
tabel Model Summary terlihat bahwa nilai R square sebesar 0,130. Hal ini berarti
variabel independen (kualitas layanan) berpengaruh terhadap variabel dependen
(kepuasan nasabah) Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan sebesar 0,130 atau
13%. Sedangkan, sisanya yaitu 87% dijelaskan oleh variabel-variabel lain atau
variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain