Text
Pengaruh Corporate Image, Corporate Social Responsibilty dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Rubaru dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening
Kata Kunci: Corporate Image, Corporate Social Responsibilty, Penanganan
Keluhan, Loyalitas Anggota, Kepuasan Anggota, Variabel Intervening.
Corporate Image postif dibenak anggota, dapat dibentuk dengan Corporate
Social Responsibilty dan Penanganan Keluhan yang baik, sehingga anggota merasa
puas dan menjadi loyal, hal tersebut membuat perusahaan mampu bertahan
ditengah persaingan yang semakin ketat. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Corporate Image, Corporate Social Responsibilty dan Penanganan
Keluhan Terhadap Loyalitas Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Rubaru dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KSPPS BMT NU Jawa
Timur Cabang Rubaru yang berjumlah 3.503 Anggota. Penentuan sampel dalam
penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan perolehan sampel sebanyak 97
anggota. Teknik Pengambilan dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis
regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 24 dan uji sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Corporate Image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota dengan nilai thitung > ttabel (4,189
> 1,984), dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (2) Corporate Sosial Responsibilty
tidak berpengaruh postif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota dengan nilai
thitung < ttabel (0,620 < 1,984), dengan nilai signifikasi 0,537 > 0,05; (3) Penanganan
Keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota dengan
nilai thitung > ttabel (4,926 > 1,984), dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; (4)
Corporate Image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Anggota dengan nilai thitung < ttabel ([-1,754] < 1,984) dengan nilai signifikasi 0,083
> 0,05; (5) Corporate Social Responsibilty berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Anggota dengan nilai thitung > ttabel (2,614 > 1,984) dengan nilai
signifikasi 0,01 < 0,05; (6) Penanganan Keluhan berpengaruh positif dan siginifikan
terhadap Loyalitas Anggota dengan thitung > ttabel (3,571 > 1,984) dengan nilai
signifikasi 0,001 < 0,05; (7) Kepuasan Anggota berpengaruh postif dan signifikan
terhadap Loyalitas Anggota dengan nilai thitung > ttabel (6,337 > 1,984) dengan nilai
signifikasi 0,000 < 0,05; (8) Corporate Image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Anggota melaui Kepuasan Anggota dengan nilai thitung melalui
uji sobel > ttabel (3,476 > 1,983); (9) Corporate Sosial Responsibilty tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Anggota melalui Kepuasan
Anggota dengan nilai thitung melalui uji sobel < ttabel (0,617 < 1,983); (10)
Penanganan Keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Anggota melalui Kepuasan Anggota dengan nilai thitung melalui uji sobel > ttabel
(3,88 > 1,983).
Tidak tersedia versi lain