Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Tabungan Tabah Dengan Minat Nasabah Sebagai Variabel Intervening
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah, Minat Nasabah
Pada dasarnya unsur-unsur dari kualitas pelayanan akan menciptakan
keputusan dan minat bagi para pelanggan. Kualitas pelayanan haruslah optimal
dan diharapkan akan mampu memeuhi harapan pelanggan sehingga akan
menciptakan keputusan dan minat perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidup
suatu peusahaan ditengah persaingan yang ketat. Penelitian ini yaitu bertujuan
untuk mengetahui pengaruh kualitias pelayanan terhadap keputusan nasabah
melalui minat nasabah BMT NU Cabang Tlanakan.
Penelitian ini menggunkaan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini adalah 97responden anggota KSPPS BMT NU Cabang Tlanakan. Adapun
teknik pengembilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
Nonprobabity Sampling dengan metode Accidental Sampling. Data yang
diperoleh merupakan data primer yaitu jawaban responden atau kuesioner yang
telah disebarkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi, uji
kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
multikolinearitas, uji uji heteroskedastisitas,uji autokorelasi, uji normalitas) dan
analisis jalur (Path Analisis).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Kualitas
Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Minat Nasabah ProdukTabungan
Tabah di BMT NU Cabang Tlanakan dengan Signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai
thitung > nilai ttabel 21,641 > 1,985. Kedua, Kualitas Pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Nasabah Produk Tabungan Tabah di BMT NU
Cabang Tlanakan dengan Signifikansi (0,000) < 0,05 dan nilai thitung > nilai ttabel
4,146 > 1,985. Ketiga, Minat Nasabah berpengaruh signifikansi terhadap
Keputusan Nasabah Produk Tabungan Tabah di BMT NU Cabang Tlanakan
dengan nilai Signifikansi 0,000) < 0,05 dan nilai thitung > nilai ttabel 30,409 >
1,985. Keempat Minat Nsabah terbukti memediasi pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Keputusan Nasabah Produk Tabungan Tabah di BMT NU Cabang
Tlanakan dengan menggunakan uji Sobel Test diperoleh hasil perhitungan thitung
sebesar 2,3527651055 > ttabel sebesar 0,1985
Tidak tersedia versi lain