Text
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas di Bank Jatim Syariah Capem Sampang
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Gadai Emas
Gadai emas adalah produk yang sangat membantu dalam memenuhi
kebutuhan seorang nasabah. Gadai disini merupakan transaksi utang piutang
yang disertai agunan dalam bentuk harta bergerak dari orang yang berutanh
(debitur) kepada orang yang memberi utang (kreditur) sebagai jaminan utangnya
pada saat jatuh tempo, maka setelah tenggang waktu tertentu, kreditur bisa
menjual harta bergerak atau pun tidak yang dijadikan agunan itu dan hasilnya
dipakai untuk membayar hutang mereka. Produk gadai emas disini merupakan
salah satu produk yang paling diminati oleh nasabah, hampir sebagaian besar
nasabahnya menggunakan produk gadai emas tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini
adalah: pertama bagaimana penerapan strategi pemasaran pada produk gadai
emas dalam memikat minat nasabah di bank jatim syariah capem sampang,
kedua apa saja faktor pendukung strategi pemasaran produk gadai emas di bank
jatim syariah capem sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
jenis penelitian deskriptif dengan memperoleh sumber data dari wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdiri dari kepala cabang,
penyelia operasional, taksatur gadai, serta nasabah produk gadai emas di bank
jatim syariah capem sampang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam
meningkatkan minat nasabah menggunakan produk gadai emas di bank jatim
syariah capem sampang pertama gadai disini merupakan fasilitas pinjaman yang
diberikan berdasarkan kesepakatan dengan menggunakan akad qardh, rahn dan
ijaraha, dimana nasabah menyerahkan secara fisik barang berharga berupa
emas(baik lantakan maupun perhiasan), selanjutnya nasabah menerima surat
gadai sebagai jaminan pengembalian seluruh atau sebagian hutang nasabah
kepada bank jatim syariah capem sampang . Strategi pemasaran yang digunakan
disini yaitu 7p, akan tetapi hasil wawancara peneliti terhadap pimpinan dan
karyawan gadai menegaskan bahwa yang palinh mereka utamakan yaitu
pelayanan terhadap nasabah. Juga dari faktor perorangannya. Kedua berbicara
perihal faktor pendukung strategi pemasaran disini ditegaskan dari hasil
wawancara dengan pimpinan serta karyawan gadai bank jatim syafiah capem
sampanh bahwasannya faktor pendukung dari strategi pemasaran tersebut yaitu
daru perorangannya. Yang mana karyawan gadai cepat dalam melayani nasabah,
karena yanh dibutuhkan nasabah yaitu kecepatan proses
Tidak tersedia versi lain