Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Pembiayaan Maha (Modal Usaha) Terhadap Kepuasan Anggota di Kspps Nuri Jatim Cabang Palengaan
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah
Dalam memenuhi kebutuhan konsumsi maupun menjalin hubungan dengan manusia.
Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya tersebut manusia memerlukan modal. Kebutuhan
hidup seseorang bisa saja berupa barang atau jasa terkadang harus didapatkan dari orang lain,
kelompok, industri atau semacamnya dengan cara membeli. Salah satu cara yang bisa ditempuh
untuk mendapatkan uang, yaitu meminjam uang kepada pihak lain, salah satunya kepada
lembaga keuangan untuk meringankan beban seseorang dalam menjalankan sebuah usaha.
kualitas Pelayanan merupakan suatu tindakan yang berhubungan dengan memenuhi
kebutuhan dan keinginan yang akan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas produk adalah
segala sesuatu yang memiliki nilai di pasar sasaran (terget market) dimana kemampuannya
memberikan manfaat dan kepuasan. Termasuk hal ini adalah benda, jasa, organisasi, tempat,
orang, dan ide. Kepuasan pelanggan adalah pengukuran atau indikator sejauh mana pelanggan
atau pengguna produk perusahaan atau jasa sangat senang dengan produk produk atau jasa yang
diterima. Kepuasan pelanggan adalah perbandingan antara harapan terhadap persepsi
pengalaman (dirasakan/diterima).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan
kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di KSPPS NURI JATIM Cabang
Palengaan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun cara pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Penelitian ini
menggunakan 84 responden dengan menyebarkan kuesioner pada anggota produk
pembiayaan MAHA (Modal Usaha).
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji t untuk variabel kualitas
Pelayanan yaitu memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan
nilai thitung 2,213 > ttabel 1,98932 dan taraf signifikan 0,030 < 0,05. Untuk
variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
diperoleh oleh nilai thitung 3,038 > ttabel 1,98932 dan taraf siginifikan 0,003 <
0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa kualitas
Pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama atau serentak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung 58,382 > Ftabel 3,11 dan nilai
signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain