Text
Strategi Pemasaran Marketing Mix Produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Nusantara Cabang Proppo
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Simpanan
Strategi pemasaran marketing mix dalam produk simpanan hari raya idul fitri di BMT
UGT Nusantara Cabang Proppo ini penting diteliti, Karena dalam strategi pemasaran produk
simpanan hari raya idul fitri di BMT UGT Nusantara cabang Proppo tentunya terdapat
jumlah nasabah setiap tahunnya yang mengalami penurunan dan peningkatan pada jumlah
nasabah simpanan hari raya idul fitri tersebut. Maka dari itu untuk menggali lebih dalam
tentang simpanan hari raya idul fitri agar dapat meningkatkan kualitas dalam pengelolaan
produk simpanan hari raya idul fitri sehingga masyarakat tertarik dan percaya untuk
menjadikan BMT UGT Nusantara cabang Proopo sebagai tempat menabung dan sebagai
ketertarikan tersendiri.
Bersarkan hal tersebut, maka ada 2 fokus penelitian yang menjadi pembahasan ini
yaitu: Pertama, Bagaimana implementasi strategi pemasaran marketing mix produk simpanan
hari raya idul fitri di BMT UGT Nusantara cabang Proppo. Kedua, Bagaimana strategi
pengembangan produk simpanan hari raya idul fitri dari tahun ke tahun pada BMT UGT
Nusantara Cabang Proppo. Dan tujuan dalam penelitian ini adalah: Mengetahui implementasi
strategi pemasaran marketing mix produk simpanan hari raya idul fitri di BMT UGT
Nusantara cabang Proppo, dan untuk mengetahui pengembangan produk simpanan hari raya
idul fitri dari tahun ke tahun di BMT UGT Nusantara cabang Proppo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif, dan data yang akan diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua BMT
UGT Nusantara cabang Proopo, AOSP, AOAP, Nasabah. Adapun dalam pengecekan
keabsahan data peneliti melakukan melalui triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai strategi pemasaran marketing mix produk
simpanan hari raya idul fitri dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara
cabang Proppo, yaitu mendapatkan hasil dengan memberikan penawaran kepada anggota
agar bergabung dalam simpanan hari raya idul fitri dan juga menggunakan teknik door to
door. Dan hasil penelitian yang kedua dalam pengembangan produk simpanan hari raya idul
fitri dari ke tahun melalui tokoh masyarakat, brodur, dan juga media social sebagai sarana
pendukung dalam mengembangkan produk tersebut
Tidak tersedia versi lain