Text
Pengaruh Halal Lifestyle, Kepercayaan Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Jungcangcang Pada Bank Syariah
Kata Kunci: Halal Lifestyle, Kepercayaan, Pengetahuan Perbankan Syariah,
Minat Menabung
Minat menabung adalah kecenderungan pada sesuatu yang diinginkan
berdasarkan ketertarikan dalam melakukan pilihan pada suatu produk sebagai
simpanan untuk memenuhi kebutuhan di masa depannya. Halal lifestyle diartikan
sebagai gaya hidup halal. Menerapkan gaya hidup halal bisa membuat kepercayaan
pada Bank Syariah semakin terbentuk untuk berada pada jalan yang benar.
Pengetahuan perbankan syariah merupakan pengetahuan mengenai informasi
tentang perbankan syariah dari produk yang dimiliki, hukum syariah, serta
pengetahuan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
halal lifestyle, kepercayaan dan pengetahuan perbankan syariah berpengaruh
terhadap minat menabung masyarakat Jungcangcang pada Bank Syariah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama apakah halal lifestyle, kepercayaan dan
pengetahuan perbankan syariah berpengaruh secara parsial terhadap minat
menabung masyarakat Jungcangcang pada bank syariah, kedua apakah halal
lifestyle, kepercayaan dan pengetahuan perbankan syariah berpengaruh secara
simultan terhadap minat menabung masyarakat Jungcangcang pada bank syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis regresi
linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jungcangcang
yang sudah bekerja dengan jumlah 1.720 orang. Teknik pengumpulan sampel
adalah purposive sampling. Ukuran sampel dihitung menggunakan rumus slovin,
sehingga didapat 95 responden. Adapun responden yang digunakan adalah
masyarakat Jungcangcang yang belum atau tidak menggunakan produk tabungan
bank syariah dengan cara menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama Terdapat pengaruh yang
signifikan dan positif halal lifestyle terhadap minat menabung. Hal ini dapat dilihat
dari hasil uji t, mempunyai nilai sig 0,000 < 0.05 dan nilai thitung 5,345 > ttabel 1,986.
Kedua Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif kepercayaan terhadap minat
menabung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t, mempunyai nilai sig 0,000 < 0.05
dan nilai thitung 8,003 > ttabel 1,986. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan dan
positif pengetahuan perbankan syariah terhadap minat menabung. Hal ini dapat
dilihat dari hasil uji t, mempunyai nilai sig 0,014 < 0.05 dan nilai thitung 2,508 > ttabel
1,986. Keempat, Halal lifestyle, kepercayaan dan pengetahuan perbankan syariah
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat
Jungcangcang pada Bank Syariah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F, diperoleh
nilai Fhitung sebesar 63,679 dengan taraf signifikan 0,000 < 0.05. Berarti nilai Fhitung
63,679 > Ftabel 2,704 dan taraf signifikan 0,000 < 0.05
Tidak tersedia versi lain