Text
Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi dan Reputasi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah
Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Reputasi, Minat
Menabung, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah
Penulis melakukan survei terhadap 35 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Madura, hasilnya tidak ada seorangpun pun mahasiswa yang
menabung di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah, hal ini
mengindikasikan bahwa minat menabung di koperasi simpan pinjam dan
pembiayaan syariah masih minim. Literasi keuangan syariah, promosi dan reputasi
adalah faktor yang dirasa dapat memengaruhi minat menabung mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura di koperasi simpan pinjam dan
pembiayaan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh literasi keuangan syariah, promosi dan reputasi terhadap minat menabung
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura di koperasi simpan
pinjam dan pembiayaan syariah. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
teknik purposive sampling dengan cara menyebarkan kuesioner pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Madura Semester Genap Tahun 2022-
2023 (Semester 3, 5 dan 7 tahun ajaran 2023-2024) dengan sampel yang diambil
sebanyak 95 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan alat bantu SPSS ver 26. Analisis ini meliputi analisis statistik
deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2
) diperoleh nilai sebesar
61,5%. Artinya 61,5% variabel minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Madura di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah
dijelaskan oleh variabel independen literasi keuangan syariah, promosi dan
reputasi. Sedangkan sisanya (100% - 61,5% = 38,5%) dipengaruhi oleh variabelvariabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t variabel literasi
keuangan syariah menunjukkan bahwa thitung 2,213 > ttabel 1,986 dan nilai sig 0,029
< 0,05. Hasil uji t variabel promosi menunjukkan bahwa thitung 3,056 > ttabel 1,986
dan nilai sig 0,003 < 0,05. Hasil uji t variabel reputasi menunjukkan bahwa thitung
3,878 > ttabel 1,986 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t, dapat disimpulkan
bahwa variabel literasi keuangan syariah, promosi dan reputasi berpengaruh secara
parsial terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
IAIN Madura di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Hasil uji F
diperoleh bahwa Fhitung 50,957 > Ftabel 3,097 dan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan
bahwa variabel literasi keuangan syariah, promosi dan reputasi berpengaruh secara
simultan terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
IAIN Madura di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah
Tidak tersedia versi lain