Text
Pengaruh Layanan BSI Mobile Terhadap Minat Transaksi Pembayaran Uang kuliah Tunggal Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Madura
Kata Kunci: Layanan, BSI mobile,Transaksi,Uang Kuliah Tunggal
Saat ini, banyak layanan digital yang tersedia baik bagi bank syariah
maupun bank tradisional untuk membuat transaksi nasabah menjadi lebih efisien.
Nasabah dapat memperoleh informasi perbankannya dengan cepat, efisien dan
efektif, serta dapat mengurangi waktu tunggu transaksi perbankan nasabah.
Pebayaran uang kuliah tunggal pada IAIN Madura sudah bekerja sama
dengan lembaga Perbankan yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam proses
pembayaran uang kuliah tunggal. Sebagian mahasiswa sudah menggunkan BSI
mobile untuk mempermudah transaksi. Pada penelitian ini akan melihat seberapa
besar pengaruh layanan BSI mobile terhadap minat transaksi pembayaran uang
kuliah tunggal. Namun sebaliknya jika semakin rendah pengaruh layanan BSI
mobile yang diberikan oleh responden maka akan semakin rendah pula
penggunaan layanan Mobile banking dalam pembayaran uang kuliah tunggal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi perbankan syariah IAIN Madura
angkatan 2020-2022 pada tahun ajaran 2023 berjumlah 387 orang. Teknik
pengambilang menggunakan sampel purposive sampling, dengan tekhnik analisis
data menggunakan regresi linear sederhana, dan dengan bantuan alat analisis
SPSS 24 dan ditentukan dengan rumus slovin dengan jumlah responden yang
diambil sebanyak 79 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner (angket) melalui google form ke responden.
Hasil yang didapat dari kuesioner yang disebar yaitu, Pernyataan Layanan
BSI mobile (X) yang menyatakan sangat setuju paling banyak sebesar 50% dan
yang menjawab tidak setuju terbayak sebesar 20%. Pernyataan minat transaksi
pembayan UKT (Y) yang menyatakan sangat setuju paling banyak sebesar 36%
dan yang menyatakan tidak setuju paling banyak sebesar 9% . Hasil pengujian
penelitian memberikan pernyataan bahwa layanan BSI mobile mempengaruhi
minat bertransaksi dimana variabel (X) layanan BSI mobile memperoleh Thitung sebesar 7,139 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Nilai t-tabel pada
model regresi sebesar 1,664. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi
0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 7,139 > ttabel 1,664. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa variabel layanan BSI mobile (X) berpengaruh positif terhadap variabel
minat bertransaksi (Y). Persentase pengaruh layanan BSI mobile terhadap minat
transaksi pembayaran uang kuliah tunggal mahasiswa prodi perbankan syariah
IAIN Madura berpengaruh sebesar 39,8% dan sisanya yaitu 60,2 % dipengaruhi
oleh variabel yang lain diluar penelitian ini
Tidak tersedia versi lain