Text
Implementasi Word Of Mouth Pada Produk Tabungan Umum Syariah di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan
Kata Kunci : Implementasi Word of Mouth, Tabungan Umum Syariah
Word Of Mouth Adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sebuah
merek agar konsumen membicarakan, mempromosikan, dan mau menjual mereka
kepada orang lain. Dengan kata lain word of mouth merupakan suatu bentuk
pujian, rekomendasi dan nilai dari pengalaman mereka atas layanan jasa atau
produk yang betul-betul dapat mempengaruhi keputusan pelanggan. Penerapan
word of mouth juga tidak kalah penting dikarenakan jika hanya tau pemasarannya
yang penting tapi teknik penerapannya kurang bagus akan sia-sia dan hanya
membuang waktu yang percuma karena itulah memperdalam pengetahuan tentang
penerapan word of mouth.
Ada dua fokus kajian yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu
Pertama, Bagaimana Implementasi Word Of Mouth Pada Produk Tabungan
Umum di KSPPS BMT Nusantara cabang pamekasan ?, dan kedua Bagaimana
Kendala dalam Mengimplementasikan word of mouth pada Produk Tabungan
Umum Syariah di KSPPS BMT UGT Nusantara Pamekasan? Penelitian ini
menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian dekskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentsi. Informan dalam
penelitian adalah Kepala Cabang, Wakil Kepala Cabang dan Pegawai di BMT
UGT Nusantara Cabang Pamekasan, dan Anggota Produk Tabungan Umum
Syariah. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi sumber.
Hasil Penelitian menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama,
penerapan word of mouth di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan telah lama
di terapkan yaiu dengan pemasaran Buzz dan Viral. Pemasaran Buzz bisa disebut
dengan gosip atau perbincangan yang menghasilkan perbincangan, menciptakan
pubisitas dan mengekspresikan informasi relevan baru yang berhubungan dengan
merek melalui sarana yang tidak terduga atau bahkan membuat orang lain
terkejut. Sedangkan Pemasaran Viral bekerja bagaikan virus yang tersebar, Viral
Marketing merupakan turunan dari word of mouth jadi Viral bisa tersebar melalui
media online seperti email dan broadcast sehingga membuat orang
menginformasikan produk mereka kepada orang lain. dengan cara menggunakan
anggota lama mereka yang cukup aktif dan dapat dipercaya untuk memasarkan
produk, menjelaskan keunggulan dari produk kepada para anggota, memberikan
lebih banyak brosur kepada para anggota lama agar mereka lebih mudah untuk
melakukan pemasaran word of mouth pihak BMT UGT Nusantara Cabang
Pamekasan, pihak BMT membuat story whatshap,instagram dan facebook mereka
untuk memasarkan produk tabungan umum. Kedua, kendala dalam penerapan
word of mouth di BMT UGT Nusantara Cabang Pamekasan diantaranya adalah
ketidakpahaman masyarakat terhadap produk tabungan umum syariah,
ketidakpahaman beberapa pegawai pada produk tabungan, ketidakpahaman
masyarakat terhadap BMT
Tidak tersedia versi lain