Text
Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Gadai.
Strategi pemasaran merupakan kegiatan yang memiliki rancangan dibuat untuk
mencapai tujuan yang disusun oleh perusahaan agar tercapainya target penjualan perusahaan
serta terjadinya kelancaran pada usaha yang dibangun. Dalam lingkungan KCP BSI Sumenep
terdapat beberapa kantor lembaga lain seperti pegadaian, BMT NU, dan bank BPRS yang
menyediakan jasa titipan atau gadai emas seperti yang disediakan oleh BSI Sumenep.
Lembaga-lembaga tersebut memiliki lokasi yang berdekatan sehingga menimbulkan
persaingan yang cukup sengit dalam menarik minat nasabah disekitar untuk menggunakan
jasa titipan atau gadai. Maka dari itu BSI Sumenep perlu menyusun strategi sedemikian rupa
untuk menarik minat nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dimana penelitian ini
bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan empiris. Data primer pada
penelitian ini adalah Branch Manager, Customer Service, dan 8 Nasabah. Data sekunder
pada penelitian ini diperoleh dari buku-buku dan catatan-catatan serta sumber lain seperti
jurnal dan dokumen. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran di produk gadai yang diterapkan
oleh Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep dalam menarik minat nasabah yaitu dengan
memberikan variasi produk gadai, harga termasuk murah, lokasi yang strategis, dan
menyebar brosur, melakukan grebek pasar tiga kali seminggu, memasang spanduk,
memberikan pelayanan yang cepat dan aman. Faktor pendukung pemasaran produk gadai di
Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep yaitu: 1) nasabah mudah paham tentang apa yang
disampaikan pihak bank; 2) tempat yang strategis yaitu di Jl. Trunojoyo no. 214 (dekat alunalun); 3) nasabah menebus barang gadai tepat waktu; 4) kenyamanan nasabah sehingga puas
dengan produk gadai BSI Sumenep; 5) harga produk gadai lebih murah dari pada competitor;
6) nasabah tidak nunggak dalam pembayaran. Faktor penghambat pemasaran produk gadai di
Bank Syariah Indonesia KCP Sumenep yaitu: 1) terdapat banyak kompetitor yang
menawarkan produk gadai; 2) nasabah telat menebus barang gadai; 3) banyak kompetitor
yang memiliki lokasi berdekatan dengan BSI KCP Sumenep
Tidak tersedia versi lain