Text
Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Pelayanan Tehadap Keputusan Anggota Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah di BMT NU Cabang Kadur
Kata Kunci: Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Keputusan Anggota
Saat ini, keberadaan lembaga keuangan sangat dibutuhkan di berbagai
tempat karena tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang semata, melainkan juga
sebagai tempat dimana modal terhimpun dan dapat di akses.Dalam memenuhi
kebutuhan serta keinginan anggota BMT NU Cabang Kadur Pamekasan sebagai
lembaga keuangan mikro syariah memiliki fungsi meliputi penghimpunan dana dan
penyaluran dana masyarakat. Fungsi penyaluran dana di BMT NU Cabang Kadur
Pamekasan menggunakan skema salah satunya pembiayaan seperti, pembiayaan
murabahah sebagai contoh kepedulian perekonomian masyarakat menengah
kebawah dalam hal memenuhi kebutuhan ekonomi.
Tujuan dari penelitian iniyaituuntuk menguji dan menganalisis apakah
terdapat pengaruh Personal Selling terhadap keputusan anggota menggunakan
produk pembiayaan murabahah. Kedua, untuk menguji dan menganalisis apakah
terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota menggunakan
produk pembiayaan murabahah. Ketiga, untuk menguji dan menganalisis apakah
terdapat pengaruh Personal Selling dan kualitas pelayanan terdapat keputusan
Anggota menggunakan produk pembiayaan murabahah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel jenuh adalah teknik penentuan
sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel karena populasi
relatif kecil, yaitu sebesar 84 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah personal
selling dan kualitas pelayanan berpengaruh tehadap keputusan anggota
menggunakan produk pembiayaan murabahah di BMT NU Cabang Kadur.
Hasil uji t (parsial) variabel Personal Selling (X1) berpengaruh terhadap
keputusan anggota, diperolehnilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,230 >
ttabel 1,98932. Personal selling yang dilakukan BMT NU Cabang Kadur yaitu
dengan mengatasi keberatan yang di rasakan calon nasabah pada saat karyawan
memasarkan produk murabahah dengan memberikan respon tanggapan yang
baik.Variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh terhadap keputusan anggota
dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05 dan nilai thitung 3,025 > ttabel 1,98932.Pelayanan
yang diberikan oleh BMT NU Cabang Kadur Pamekasan yaitu dengana pelayanan
yang baik, tersedianya sarana dan prasarana yang baik, bertanggung jawab kepada
setiap nasabah, mampu melayani secara tepat dan mampu berkomunikasi dengan
baik. Hasil uji signifikansi secara simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung 68,294 >
3,10 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga keputusannya adalah variabel
personal selling (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan
terhadap variabel Y keputusan anggota
Tidak tersedia versi lain