Text
Strategi Marketing Mix Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan
Kata kunci: Strategi, Marketing Mix, Tabungan Mudharabah (tabah)
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana BMT dengan mudah mendapatkan
anggota, sehingga perlu kiranya untuk cara BMT lebih meyakinkan para anggota
untuk menjadi bagian anggota tetap dengan adanya strategi marketing tersebut.
akan tetapi sempat ada keluhan dari anggota dalam penjemputan tabungan dan
sedikit ada kelalaian dari pihak karyawan. disitulah mayoritas masyarakat enggan
untuk menabung lagi. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan perusahaannya
dipasar sasaran. Bauran pemasaran adalah sebuah peta ide dari strategi pemasaran
yang perlu difikirkan oleh perusahaan untuk mewujudkan strategi pemasaran
pembeda yang telah ditentukan.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripstif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Prosedur
pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan pengecekan
keabsahan data yang dilakukan melalui metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi marketing mix pada
produk tabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan telah menerapkan konsep
4P: product (produk), price (harga) Harga yang ditetapkan dalam produk tabungan
mudharabah (tabah): Membayar administrasi pembukaan tabungan, Tabungan awal
Rp. 10.000,- untuk selanjutnya minimal Rp.3.000, Untuk tabungan mudharabah
mendapatkan bagi hasil 40% dari SHU. promotion (promosi) Untuk mempromosi
produk BMT dengan dilakukan dengan melalui brosur, menyebarkan pamflet di
media social, website dan terjun lapangan. place (tempat) yang harus dipilih
strategis, selalu ramai di hari aktif, tempat akses aman.
4P Produk (Product) Produk tabungan yang dipakai oleh BMT merupakan
tabungan mudharabah. Tabungan mudharabah itu penarikannya bisa dilakukan
kapan saja dan memperoleh keuntungan bagi hasil 40%. 2). Analisis kesenjangan
pada penerapan strategi di BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Perkembangan
pengguna tabungan mudharabah setiap tahunnya semakin pesat Mempermudah
anggota menabung yaitu dengan jemput bola. Ada kesalahan teknis, namun bisa
teratasi dengan mengkonfirmasi ualang kepada karyawan. Proses yang dilakukan
oleh BMT NU yaitu sudah semaksimal mungkin, namun bagi anggota jika ada
keterlambatan masalah waktu penjemputan anggota harap untuk memakluminya
Tidak tersedia versi lain