Text
Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci: Pemasaran, Strategi Komunikasi, BPRS Sarana Prima Mandiri
Keberhasilan strategi komunikasi dalam pemasaran merupakan
tujuan paling utama yang mendukung suatu bisnis menjadi lebih efektif dan
efisien bagi perusahaan. Kegagalan dalam penerapan strategi komunikasi
pemasaran dapat mengakibatkan tidak berkembangnya suatu bisnis
perusahaan, karena image atas suatu merek bisnis tersebut tidak dikenal oleh
masyarakat. Maka perlu diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran itu
sangat penting dilakukan supaya bisnis pada suatu perusahaan tertata sesuai
dengan apa yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi
komunikasi yang di lakukan oleh karyawan BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan dalam memasarkan produk tabungan multiguna. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif
deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer
dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini berlokasi di
Kantor Pusat BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang
di terapkan dalam melakukan pemasaran produk tabuangan multiguna di
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan melalui 2 media yaitu personal
(langsung) dan non personal (tidak langsung). Dan yang sering diterapkan
adalah strategi komunikasi secara personal (langsung), yang mana
komunikasi personal disini mempunyai 2 sistem dalam pemasarannya yaitu
one day one street (satu hari satu jalan) dan one day one distreet (satu hari
satu wilayah), sistem ini efektif diterapkan karena karyawan ditarget harus
selesai satu hari dimana sistem tersebut mulai diterapkan. Dan ada juga 5
tahap adaptasi komunikasi pemasaran yang efektif di lakukan yaitu
mengenali calon nasabah baru yang akan di tuju (taaruf), kedua yaitu
memahami nasabah (tafahum), ketiga yaitu tukar pendapat (tabayyun),
keempat yaitu saling tolong menolong (taawun), dan yang kelima yaitu cinta
(hubbun). Selain itu, BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan juga
menerapkan kebiasaan yang sering dilakukan yaitu dengan menyalurkan
bantuan kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu sekaligus
bersosialisasi. Sehingga dari sinilah popularitas BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan meningkat, juga mendapatkan respon dan feedback baik dari
masyarakat, bahkan nasabah menabung pun bertambah tiap tahunnya
Tidak tersedia versi lain