Text
Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Mudharabah, Minat Nasabah
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis
mengharapkan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran merupakan
rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai
aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya
di pasar sasaran tertentu. BMT NU Cabang Camplong merupakan salah satu BMT
yang menggunakan strategi pemasaran 7p, Strategi pemasaran yang di lakukan di
BMT bertujuan untuk meningkatkan minat nasabah dalam bergabung di BMT NU
Cabang Camplong dan juga dibantu dengan jemput bola dalam menabung, untuk
menarik nasabah dalam menabung tidaklah mudah sebab di kecamatan Camplong
lembaga keuangan yang beroperasi tidak hanya BMT NU akan tetapi masih ada
yang lainnya, maka dari itu untuk berpartisipati persaingan BMT NU Cabang
Camplong harus menggunakan strategi pemasaran dengan sungguh-sungguh.
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : pertama, Untuk
mengetahui strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan minat
nasabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang; Kedua, Untuk
mengetahui dampak strategi marketing mix terhadap produk tabungan
mudharabah di BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian kualitatif
dapat diartikan sebagai jenis pendekatan penelitian yang menuntut peneliti untuk
mengambil kesimpulan berdasarkan pandangan-pandangan yang diperoleh dari
partisipan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif, yaitu data yang
dikumpulkan adalah data yang berbentuk kata-kata atau gambar dan bukan angka.
Data tersebut meliputi hasil wawancara, catatan lapangan, fotografi, video,
dokumen dan catatan resmi lainnya.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, Strategi
pemasaran produk tabungan mudharabah BMT NU Jatim Cabang Camplong
Sampang dilakukan dengan cara melakukan promosi berupa jasa jemputan
angsuran dan tabungan keliling, penetapan biaya administrasi yang murah yaitu
sebesar Rp. 10.000. Penentuan letak tempat usaha yang strategis dan penentuan
sumber daya manusia yang professional. Kedua, Dampak strategi marketing mix
terhadap produk tabungan mudharabah adalah bertambahnya jumlah nasabah
yang signifikan dari tahun ke tahun yaitu jumlah nasabah 1.302 pada tahun 2018,
1.848 pada tahun 2019, 2.260 pada tahun 2020, 2.852 pada tahun 2021 dan
meningkat menjadi 3.348 pada tahun 2022.
Tidak tersedia versi lain