Text
Implementasi Segmenting, Targeting, Positioning Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Pada BMT NU Cabang Klampis Bangkalan
Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning (STP), Tabungan
Mudharabah, SWOT, BMT NU Cabang Klampis
BMT NU Cabang Klampis Bangkalan memasarkan produk tabungan
mudharabah (TABAH) mereka mengimplemtasikan strategi pemasaran berupa
STP (Segmentasi, Pasar sasaran dan Posisi pasar) ditambah dengan analisis SWOT
untuk mengetahui gambaran pemasaran yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut,
maka terdapat empat fokus penelitian yang akan menjadi kajian pokok yaitu:
pertama, Bagaimana implementasi strategi segmenting, Kedua, Bagaimana
implementasi strategi targeting, Ketiga, bagaimana strategi positioning pada
produk Tabungan Mudharabah (TABAH), keempat Apa saja kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman (SWOT) pada strategi pemasaran produk tabungan
mudharabah (TABAH).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Cabang BMT NU Cabang Galis Pamekasan, Bagian
Tabungan, juru tabunggan dan Nasabah/ Anggota. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan
triangulasi metode
Penelitian ini menghassilkan kesimpulan Pertama, yaitu segmentasi
Geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku. Kedua. Targeting yaitu BMT
NU Cabang Klampis Bangkalan lebih fokus pada pedagang, petani dan nelayan.
Ketiga, Positioning BMT NU Cabang Klampis Bangkalan memperlihatkan
keunikan dari tabungan mudharabah (TABAH) seperti tabungan dapat dilakukan
penarikan kapan saja, mudah, memperoleh bagi hasil sebesar 40% disetiap
bulannya. Keempat analisis SWOT, Strengths dari strategi STP pada produk
tabungan mudharabah (TABAH) strategi pemasaran akan lebih efektif dan terarah
dan menciptakan layanan lebih baik. Weakness dari strategi STP pada produk
tabungan mudharabah (TABAH) kemungkinan akan menghadapi persaingan yang
serupa. Opportunities dari strategi STP pada produk tabungan mudharabah
(TABAH) akan mendatangkan keuntungan yang melimpah dan lebih mengenal
anggotanya dengan baik. Threats dari strategi STP pada produk tabungan
mudharabah (TABAH) dibutuhkan sumber daya lebih banyak
Tidak tersedia versi lain